Pemdes Oneeha Bangun Saluran Irigasi, Sebagai Penunjang Program Ketahanan Pangan Desa

Keterangan Gambar, Tanpak Saluran Irigasi Pemdes Oneeha Kec Tanggetada Kabupaten. Kolaka Sultra (Foto Aj/Red)

KOLAKA, MNN.COM – Pembangunan pemerataan insfrastruktur di Desa adalah menjadi komitmen Pemerintah maupun Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan, contohnya Pemdes Oneeha Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membangun Saluran Irigasi persawahan.

Dan pembangunan Saluran irigasi ini adalah suatu Program Ketahanan Pangan dengan Anggaran Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2024, dengan panjang saluran irigasi ini 160 meter.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang menjadi fokus Pemerintah Desa Oneeha saat ini, yakni pembangunan infrastruktur penunjang yang berkaitan dengan program ketahanan pangan dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kolaka di Dampingi Ketua Komisi Tiga, Pantau Serbu Vaksin di Kecamatan Tanggetada

Hj Darni Susanti, Kepala Desa Oneeha mengatakan, pembangunan infrastruktur di desanya masih menjadi salah satu fokus kepemimpinannya.

”Alhamdullillah tahun 2023 yang lalu, kami juga membangun drainase dan tempat penjemuran padi dan yang lainya, dan tahun ini kami bangun saluran irigasi dengan panjang 160 meter da. Insya Allah akan selesai sesuai dengan rencana yang telah ditentukan,” ujar Hj. Darni Susanti, Kepala Desa Oneeha pada Kamis, (9/5/24).

Dan ditambahkannya, Apalagi untuk wilayah tersebut selama juga kerap dilanda banjir apabila musim penghujan tiba pasalnya kendala aliran air yang kurang lancar.

”Pada prinsipnya, seluruh untuk kegiatan di Desa Oneeha ini dilakukan oleh masyarakat masyarakat saya sendiri” tuturnya.

Baca Juga:  Untuk Pertama Kalinya Pesawat Citilink Rute Makassar Bandara Sangia Nibandera Tanggetada Kolaka

Menurutnya, hampir 80 persen sebagian besar wilayah Desa Oneeha Kecamatan Tanggetada ini merupakan lahan persawahan yang aktif yang masih sangat produktif.

Sehingga, pembangunan infrastruktur penunjang pertanian sangat diharapkan membantu serta meningkatkan perekonomian para masyarakat petani.

”Seluruh prioritas pembangunan yang dilakukan oleh pemdes Oneeha peruntukan utamanya untuk memfasilitasi keperluan warga. Dengan infrastruktur yang baik, hasil pertanian juga akan lebih maksimal kedepannya,” tutupnya pada media ini. (Aj/Red)

Pos terkait