Upaya Meningkatkan Keamanan Masyarakat Jelang Idul Fitri, Polda Sultra LatPra Ops Anoa 2024

SULTRA, MNN.COM — Dalam upaya untuk meningkatkan pengamanan selama perayaan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Ketupat Anoa 2024.

Latpra ops dipimpin oleh Karo Ops Kombes Pol Tumpal Damayanus, yang didampingi oleh Dir Samapta Kombes Pol Wasis Santoso, dan Dir Lantas Kombes Pol Rio Tangkari, dan kegiatan ini berlangsung di Aula Dachara Polda Sultra pada hari Selasa, (2/04/2024).

Bacaan Lainnya

Latpra Ops Ketupat Anoa 2024 ini adalah bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polri dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Polda Sultra selama masa libur dan Idul Fitri. 

Baca Juga:  Dr. Nur Ikhsan Rektor USN Kolaka Lantik Satgas Pencegahan Kekerasan Seksual di USN Kolaka

Dan Operasi Ketupat ini tidak hanya dianggap sebagai tugas penegakan hukum,namun tetapi juga sebagai bentuk operasi kemanusiaan untuk menjaga keselamatan warga masyarakat selama perayaan Idul Fitri berlangsung.

Salah satu fokus utama dari Latpra Ops ini adalah untuk menyamakan persepsi dan standar operasional antara personel Polri. Hal ini dilakukan agar setiap anggota Polri memiliki pemahaman yang sama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di masing-masing satgas operasi. Sebagai bagian dari proses ini, indikator keberhasilan dalam pelaksanaan operasi adalah sejauh mana terjaminnya rasa aman masyarakat sebelum, saat, dan setelah perayaan Idul Fitri.

Operasi ini dilaksanakan mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024. Para peserta Latpra Ops Ketupat Anoa 2024 diberikan berbagai gambaran situasi yang mungkin terjadi sebelum, saat dan setelah libur Idul Fitri. Dengan demikian, diharapkan para anggota Polri dapat lebih siap dan responsif dalam menghadapi berbagai potensi ancaman atau gangguan kamtibmas.

Baca Juga:  Kedapatan Bawa Mainan Kato Kato di Sekolah, Oknum Guru di Duga Pukuli Siswanya

Selain itu, Latpra Ops juga menjadi momen penting untuk mengevaluasi kesiapan dan efektivitas satuan tugas (satgas) dari tahun sebelumnya dalam menjalankan tugasnya. Melalui evaluasi ini, diharapkan dapat ditemukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kinerja dan responsibilitas setiap anggota satgas.

Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama selama masa libur Idul Fitri. Dengan adanya Latpra Ops Ketupat Anoa 2024, diharapkan Polri dapat memberikan pelayanan dan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat, sehingga mereka dapat merayakan hari raya dengan aman, tenteram, bahagia dan tetap ceria bersama keluarga. (Humpolda Sultra/Red)

Pos terkait