Untuk Mengisi Kekosongan, Presiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam

Keterangan Gambar Tanpak Tito Karnavian Mentri Dalam Negeri (Foto Net)

JAKARTA, MNN.COM — Untuk mengisi kekosongan di Kementrian, Presiden RI Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang telah mengundurkan diri.

Penunjukan itu disampaikan Presiden dalam Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani di Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/P Tahun 2024 yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud Md. sebagai Menko Polhukam, serta penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat siang.

Baca Juga:  Update Covid-19 di Indonesia 29 Mei 2020 : Positif 25.216 Orang, 6.492 Sembuh Dan 1.520 Meninggal

Di Langsir oleh Sinarharapan.co, Sebagaimana keppres tersebut, kata Ari, Tito Karnavian akan menjadi Plt. Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif.

Mahfud MD telah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2), untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Mahfud, yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, menyatakan ingin mundur guna memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu.

Ia juga sudah mendiskusikan langkah politiknya itu dengan pasangannya pada Pilpres 2024, Calon Presiden Ganjar Pranowo, serta dengan partai pengusung/pendukung dan tim kampanye. (*)

Baca Juga:  Bareskrim Polri Berhasil Ungkap 17 Kasus Penyimpangan BBM Oleh SPBU Tahun 2024

Pos terkait