USN Kolaka Gelar Pelatihan UMKM Bagi Pelaku Usaha Untuk Mahasiswa USN Kolaka

Keterangan Gambar,Tampak Kamadin,S.,Kom .,M.,Kom Wakil Rektor 3 USN Kolaka Memberikan Sambutan Dalam Pelatihan UMKM (Foto Nita/Red)

KOLAKA, MMM.COM — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Pelatihan UMKM bagi pelaku Usaha di Lingkup mahasiswa Universitas Sbilanbelas November (USN) Kolaka di Tanggetada pada Kamis, (2/11/23).

Pada Kegiatan Pelatihan UMKM ini yang bertemakan Strategi Digital Marketing UNKM terhadap Mahasiswa tersebut, adalah untuk meningkatkan bisnis bagi Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang di ikuti para mahasiswa tersebut.

Bacaan Lainnya

Untuk pelatihan tersebut adalah pesatnya pertumbuhan Pelaku Usaha Mikro (UMKM) di Indonesia yang menjadi salah satu pendombrak laju pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 

Karena data dari Kementerian Koperasi dan UKM di tahun yang lalu telah menunjukkan UMKM menyumbang jumlah yang miliar devisa negara Angka ini pun mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Baca Juga:  Komnas HAM RI Bersama Dengan USN Kolaka Menggelar Kuliah Umum

Melihat data tersebut, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sebagai sebuah Institusi pendidikan merasa perlu untuk memperkuat bahkan meningkatkan penetrasi UMKM di Indonesia, salah satu hal yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kolaka dan  menggelar acara Pelatihan pelatihan bagi Pelaku Usaha Mikro, di Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Dan hadir memberi sambutan dalam pelatihan UMKM tersebut adalah Kamadin,S.,Kom .,M.,Kom adalah Wakil Rektor 3 USN Kolaka.

Dalam sambutannya, Kamadin mengatakan Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka adalah merupakan Perguruan Tinggi yang berorientasi untuk mencetak lulusan yang tidak hanya menjadi pekerja namun mampu membuka lahan pekerjaan sebagai seorang Enterpreneur.

“Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka hanya fokus untuk meningkatkan UMKM di Indonesia, salah satu yang dilakukan memberikan pelatihan berbasis wirausaha UMKM kepada masyarakat umum khususnya para pelaku usaha mikro di Kabupaten Kolaka seperti yang kita lakukan pada hari ini,” ucap Kamadin.

Baca Juga:  Dorong Enterpreneur, Mahasiswa Fisip USN Kolaka Gelar Expo Wirausahawan

“Untuk itu kita harus mengapresiasi acara yang diselenggarakan Universitas Sembilanbelas November satu satunya kampus yang berada di daerah Kabupaten Kolaka ini,” tambah Wakil Rektor 3 USN Kolaka.

Menurutnya, pelatihan ini mampu memberikan keterampilan baru bagi para pelaku usaha UMKM yang masih belum terampil dalam masalah pembukuan terutama perhitungan Harga Pokok Penjualan dan pajak bagi UMKM kepada para pelaku usaha mikro dan mengajak bekerjasama untuk meningkatkan kewirausahaan dan menurunkan tingkat kemiskinan, angka pengangguran, perkuatan modal koperasi dan usaha mikro kecil menengah, Perkuatan ekonomi daerah untuk menunjang ekonomi nasional.

“Mudah-mudahan ini menjadi bekal bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan usaha mereka menjadi semakin lebih baik terutama bagi para mahasiswa yang ikut dalam pelatihan ini,” tutupnya. (Nita/Red).

Pos terkait