Gelar Ziarah Rombongan di Tiga Titik TMP, Pangdam XIV/Hsn : Kita Ingin Mewarisi Semangat, Moral dan Mental Para Pahlawan

Keterangan Gambar, Tanpak Pangdam XIV Hasanuddin Bersama Rombongan Melakukan Ziarah Makam Pahlawan (Foto Red)

MAKASSAR, MNN.COM – Wujud penghormatan kepada jasa-jasa para pendahulu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., memimpin ziarah rombongan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Kota Makassar. pada Rabu, (4/10/2023).

Rangkaian kegiatan ziarah yang diikuti oleh PJU, Prajurit dan PNS TNI AD, AL dan AU yang berada di wilayah Sulsel ini, merupakan salah satu tradisi kejuangan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur, dengan harapkan para generasi penerus dapat mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para Pahlawan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Pangdam XIV/Hsn Apresiasi Pelestarian Lingkungan PT Vale : Dapat Mengedukasi Generasi Muda Supaya Peduli Dengan Penghijauan

Seperti hal yang disampaikan Pangdam Hasanuddin bahwa disamping melaksanakan perintah dari pimpinan TNI, juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah berjuang memerdekakan NKRI.

“Makna Ziarah ini sebenarnya bukan sekedar upacara, kita tau pada saat itu para Pahlawan dengan gigihnya, tanpa memikirkan apa-apa, hanya memikirkan merdeka atau mati untuk melepaskan kita dari belenggu penjajah”, Ungkapnya. 

“Alangkah nistanya kita tidak mengingat perjuangan beliau, lebih daripada itu sebetulnya kita ingin mewarisi semangat, moral dan mental beliau-beliau kalau bisa ada di dalam diri kita, semangat pantang menyerah, militansi, semangat tidak memikirkan diri sendiri, semangat NKRI harus ada dalam diri kita, dalam penugasan prajurit TNI ke depan”, Sambung lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini.

Terkait acara puncak peringatan HUT ke-78 TNI yang akan digelar Kamis 5 Oktober 2023 besok, mantan Danpusenarmed ini membeberkan bahwa untuk di wilayah Sulsel akan digelar upacara, serta parade/defile pasukan dan karnaval alutsista yang lebih meriah dibandingkan tahun-tahun kemarin.

Baca Juga:  Sambut Hari Juang TNI AD, Kodam XIV/Hasanuddin Gelar Ziarah, Doa Bersama dan Bhakti Sosial

“Di puncak HUT TNI esok akan dimeriahkan dengan demonstrasi penanganan antisipasi kerusuhan saat Pemilu 2024, tampilan drama kolosal perjuangan Jenderal Soedirman dan penampilan kearifan budaya lokal Sulsel, juga dilaksanakan berbagai agenda, seperti pembagian ribuan sembako, launching sepeda motor ambulance, peresmian Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), serta pemberian penghargaan kepada prajurit, istri, wartawan dan PNS berprestasi, dan acara hiburan masyarakat”, Jelasnya. 

Untuk diketahui, selain dilaksanakan di TMP Panaikang, Ziarah rombongan dalam rangka HUT ke-78 TNI ini dilaksanakan di makam Sultan Hasanuddin Kab. Gowa dipimpin oleh Dankosek II Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., dan makam Pangeran Diponegoro di Jl. Diponegoro Kota Makassar dipimpin oleh Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Benny Arfan M.MP., MMDS., MSS.

Selain itu, juga digelar secara serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yakni di jajaran Korem 141/Tp, Korem 142/Tatag dan 143/HO. (R)

Pos terkait