Satukan Visi Demi Keselamatan Prajurit, Kasdam XIV/Hsn Wakili Pangdam Pimpin Rapat Kajian Pencegahan Lakalalin di Lingkungan Kodam XIV/Hsn

MAKASSAR, MNN.COM — Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han., mewakili Pangdam menggelar Rapat Kajian Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas di lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Kota Makassar. pada Jumat (8/09/2023).

Dalam rapat yang di hadiri oleh sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan juga diikuti melalui Video Conference (Vicon) oleh seluruh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin ini, bertujuan untuk membahas dan berbagi informasi hingga menjadi satu visi, untuk mencegah akan terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi prajurit.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  PT. Antam Serahkan Bantuan Kemanusiaan Ratusan Juta Rupiah Untuk Palestina 

Kasdam mengatakan bahwa terjadinya kecelakaan lalu lintas diakibatkan adanya banyak faktor, salah satunya adalah dikarenakan faktor manusia itu sendiri, seperti dengan adanya gaya hidup yang hedonism atau flexing, yaitu tindakan menyombongkan diri.

Oleh karenanya dalam forum diskusi ini, Brigjen Ismed menyampaikan sejumlah saran sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Di tempat yang sama, Pamen Ahli Bidang Ideologi dan Politik Poksahli Pangdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf Fajar Nugraha, memaparkan tentang analisa yang dikembangkan melalui Teknik SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) akan kejadian Lakalalin di lingkup Kodam XIV/Hasanuddin.

Menurutnya, terjadinya Lakalalin bukan hanya dari faktor manusia saja, melainkan kurangnya pengecekan dan kontrol kondisi kendaraan yang kurang optimal, terbatasnya sarana informasi dan sosialisasi, serta adanya ancaman dari luar seperti kondisi jalan yang rusak, kurangnya rambu-rambu dan faktor dari kelalaian kendaraan lain.

Baca Juga:  Sekda Kabupaten Bombana Pimpin Upacara Pembukaan HUT PGRI dan HPN di Pelataran RTH

“Kita punya kerjasama dengan aparat terkait seperti Polisi dan Dishub serta kita punya aparat penegak hukum yaitu Pom, Penyelidikan dan Kumdam serta Lembaga pendidikan yang siap mendidik anggota khususnya kemampuan dalam mengemudi”, Imbuhnya. (R)

Pos terkait