Wakili Pangdam XIV/Hsn, Kapoksahli Bahas Masalah Pentingnya Wasbang dan Hannas Untuk Mencegah Narkoba, Di hadapan Mahasiswa Baru UMI

MAKASSAR, MNN.COM —  Kapoksahli Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Heri Sutrisma, S.H., M.A., mewakili Pangdam, menghadiri pekan pesantren virtual dalam rangka menyambut Mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) Tahun 2023/2024, bertempat di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 1 UMI, Kota Makassar. pada Jumat, (11/08/2023).

Dalam kesempatan ini, Brigjen Heri hadir sebagai pemateri dengan membawakan materi bertemakan “Pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional Untuk Mencegah Narkoba” dihadapan 500 peserta, berasal dari 13 Fakultas se-UMI.

Kapoksahli menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan merupakan konsepsi cara pandang disertai kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa sebagai generasi penerus yang berperan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan, hendaknya dengan adanya suatu perbedaan dapat dijadikan sebagai hal yang indah, bukan menjadi suatu peselisihan dalam tubuh NKRI.

Baca Juga:  Pantau Pembagian BLT Dana Desa Tahap II, Jajaran Babinsa Poleang Tengah Sekaligus Hadiri Karya Bakti

Mengingat betapa pentingnya peran generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, menurut Brigjen Heri, bahwa merupakan hal yang sangat penting untuk menanamkan wawasan kebangsaan dan pentingnya keikutsertaan Mahasiswa dalam upaya bela negara pasal 30 UUD 1945, yang berbunyi bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara Republik Indonesia.

“Bela negara itu tidak harus pegang senjata harus tembak-tembakan dan pergi perang, belajar dengan baik dengan tekun menjadi Mahasiswa yang baik dan tidak terlibat narkoba itu salah satu bela negara”, Tandasnya. (R)

Pos terkait