Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Oleh : Yusuf Wawan.SS

Mahasiswa Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, UNIVERSITAS MANDALA WALUYA KENDARI.

Bacaan Lainnya

SULTRA, MNN.COM — Menjaga Kesehatan Lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Dan kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari segala penyakit. Karena kesehatan tersebut sangat berharga.

Terkadang pada saat kita dalam keadaan sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru 

menyadari dan merasakan betapa kesehatan itu sangat berharga bagi kita.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari pola hidup yang sehat pula, seperti berolahraga secara teratur, mengkomsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam aktivitas-aktivitas kita sehingga lingkungan sekitar kita tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu contohnya yaitu lingkungan yang kotor dapat menjadi sarang nyamuk sehingga dapat mengakibatkan nyamuk berkembang dan menimbulkan penyakit demam berdarah (DBD) yang dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga:  DPC LAKI Kolaka, Ingatkan LKPPD Yang Tidak Sesuai Regulasi Agar Ditindak Tegas

Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. 

Dan berbagai upaya pengembangan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat. Menjaga kebersihan dapat ditempuh dengan cara : mencuci tangan, mencuci alat makan, mencuci kaki, dan membersihkan lingkungan tempat tinggal dari kotoran dan sampah. Dengan menjaga kebersihan, lingkungan kita akan menjadi lebih sehat dan kita akan lebih nyaman untuk berkarya.

Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi masalah yang terus berkembang hingga saat ini. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat. Maka dari itu, lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita telah diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan.

Baca Juga:  Perlu di Ketahui Bahwa 11 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Pos terkait