Beri Pembekalan Kawan PMI, Wakili Pangdam, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn: Tingkatkan Peran dan Integritas Berorganisasi

MAKASSAR, MNN.COM — Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Heri Sutrisma, S.H., M.A., mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Pengukuhan dan Pembekalan Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (Kawan PMI), bertempat di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Makassar. pada Sabtu, (5/08/2023). 

Pengukuhan dan Pembekalan Kawan PMI ini merupakan Inisiasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sebagai wadah kolaborasi antar mitra perlindungan PMI dan masyarakat serta komitmen pemerintah yang melibatkan publik dalam pembangunan untuk mempermudah akses pelayanan penempatan dan perlindungan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  145 Orang Mahasiswa USN Peserta MBKM Resmi di Lepas Oleh Rektor USN Kolaka

Dalam paparan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., yang disampaikan oleh Kapoksahli bertemakan “Peran Strategis Komunitas Relawan (Kawan PMI)”, menjelaskan bahwa fungsi BP2MI adalah sebagai pengawasan pelaksanaan pelayanan jaminan sosial serta pengusulan pencabutan dan perpanjangan surat izin perusahaan penempatan PMI kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan terhadap perusahaan penempatan yang dibantu oleh PMI.

Lebih lanjut dikatakan, Kawan PMI ini merupakan organisasi yang membantu BP2MI yang dikukuhkan di Bandung Sabtu lalu oleh Kepala BP2MI, Benny Rhamdani. Purna PMI di Indonesia mencapai 700.000 org, Wilayah Sulsel sekitar 20.000 org (2,8%), Sultra 7000 org (1%) serta kepengurusan yang akan dilantik dari Prov. Sulsel, Sultra dan Sulut.

Baca Juga:  Prajurit Kodim 1417 Kendari Turun Kjalan Berbagi Takjil Buka Puasa Secara Gratis Kepada Warga

Pangdam berharap dengan adanya pengukuhan dan pembekalan ini dapat meningkatkan peran Komunitas Relawan (Kawan) PMI serta menjaga integritas dalam berorganisasi dan memelihara networking dengan stakeholder instansi lain dalam pembinaan purna PMI maupun calon PMI. (R)

Pos terkait