Kapolres Bone Pimpin Apel Satuan Keamanan Lingkungan 

Keterangan Gambar Tampak AKBP Ariel Dody Suryawan , S.I.P Kapolres Bone memimpin langsung Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Lapangan Mapolres Bone (Foto Aj/Red)

BONE, MNN.COM — AKBP Ariel Dody Suryawan , S.I.P Kapolres Bone memimpin langsung Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang berlangsung di lapangan Mapolres Bone pada Rabu, (22/623).

Apel digelar di Lapangan Mapolres Bone turut hadir Wakapolres Kompol Sarifuddin, Forkopimda, Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Icsan, Pejabat Utama Polres dan Kapolsek jajaran serta para undangan lainnya dalam Apel Satkamling.

Bacaan Lainnya

Dan untuk diketahui pada Apel Satkamling tersebut hadir pula seluruh perwakilan Satkamling dari tiap kecamatan dalam wilayah hukum Polres Bone dengan menggunakan pakaian adat Bone.

Baca Juga:  Buronan Kejaksaan Tinggi Sulsel, di Tangkap Tim Gabungan Tabur Kajaksaan Agung RI

AKBP Arief Doddy Suryawan, Kapolres Bone membacakan amanat Kapolri mengatakan, Bahwa Apel Satkamling ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan Pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif. 

Dan Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.

“Jadi untuk keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat, baik yang berupa kelompok Satkamling maupun kelompok potensi masyarakat lainnya,’’ ucap Kapolres Bone Pada Apel Satkamling.

Lanjut Kapolres, bahwa Polri harus terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan dan lingkungan. 

Untuk itu sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Baca Juga:  Polri Bantu Paket Sembako Kepada Sejumlah Korban Kebakaran di Kolaka 

Sementara itu di tempat yang sama Sementara,  Kasubsi PIDM Sihumas Iptu Rayendra Muchtar mengatakan dengan hal yang sama, bahwa kehadiran Satkamling adalah salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang telah diatur dalam undang undang.

“Bahwa kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.” ucap Kasubsi Pidm Sihumas Iptu Rayndra Muchtar.

Dan perlu untuk diketahui bahwa sebelum apel Satkamling digelar, Sat Binmas Polres Bone telah menggelar lomba Satkamling untuk meningkatkan keterampilan warga masyarakat, dan sekaligus sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Bone. (Aj/Red)

Pos terkait