Melalui ADD, Pemdes Lamundre Bangun Masjid Baru

Keterangan Gambar, Tampak Bangunan Masjid Desa Lamunde Yang Sementara di Bangun (Foto Red)

KOLAKA, MNN.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Lamundre, Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan Dana Sebesar Rp.100 juta melalui Alokasi Dana Desa (ADD) untuk membangun masjid yang baru.

Ditemui Kepala Desa Lamundre Agustian mengungkapkan, bahwa alasan dibangunnya masjid baru tersebut, kata dia, mengingat kondisi masjid yang sebelumnya sudah tidak memungkinkan untuk dipakai dalam beribadah.

Bacaan Lainnya

Apalagi Desa Lamundre ini merupakan salah satu Desa lintasan jalan poros di Kabupaten Kolaka yang tentunya membutuhkan masjid yang refresentatif.

Baca Juga:  Reses Aleg Dapil III, Abdul Rauf Sambangi Dua Desa DiKecamatan Toari

“Saat ini kita membangun masjid baru yang refresentatif. Proses pembangunan sudah mulai berjalan sejak awal tahun 2023 ini,” ucap Agustian Kades Lamundre.

Untuk itu penganggaran pembangunan masjid itu dilakukan secara bertahap setiap tahun melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Makan dari itu Pemerintah Desa Lamundre memperkirakan proses pembangunannya akan tuntas selama kurang lebih 3 Samapi 4 tahun untuk kedepanya.

“Kami tidak melakukan Penganggarannya satukaligus, Sebab, Alokasi Dana Desa (ADD) kita banyak keperluan lainnya lagi, maka dari itu kita perhitungkan bisa siap sekitar 3 sampai 4 tahun. Memang lumayan agak lama siapnya,” lanjut Agustian.

Namun begitu, lanjut Agustian bahwa bantuan dan sumbangan dana dari berbagai pihak, termasuk Pemda Kabupaten Kolaka juga sangat dibutuhkan agar bisa selesai pembangunan masjid Desa Lamundre.

Baca Juga:  Jaksa Agung RI Membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Tahun 2021

“Baik Pemda yang ada, maupun para dermawan kita harapkan keikhlasan bantuan masing-masingnya agar masjid kami cepat siap,” harap Agustian

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lamundre, Harun Saing, membenarkan, bahwa untuk penganggaran tersebut sudah melalui konsultasi ke Pemkab Kolaka dan persetujuan masyarakat melalui Musyawarah Desa (Musdes) pada tahun yang lalu.

Dan diketahui juga bahwa pembangunan Masjid Desa Lamundre ini adalah 18X18 meter persegi dengan menelan anggaran milyaran rupiah.

“Pada prinsipnya, ini sudah kami bahas bersama masyarakat melalui musyawarah desa (Musdes). Jadi, kami semua sudah setuju dibangun masjid yang baru. Karena, fasilitas umum ini merupakan salah satu kebutuhan prioritas bagi kami di Desa Lamunde ini,” jelas Harun Saing,Ketua BPD Desa Lamundre. (Ra/Red)

Pos terkait