Pemdes Tondowolio Menggelar Kegiatan Forum Konsultasi Publik Bersama BPS

Keterangan Gambar, Tanpak Foto Bersama Usai Menggelar Kegiatan Forum Konsultasi Publik di Desa Tondowolio (Foto Aj/Red)

KOLAKA, MNN.COM — Pemerintah Desa Tondowolio Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka mengadakan Forum Konsultasi Publik yakni pendataan awal (Regsosek) dengan tema “Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat” bersama Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertempat di balai Kantor Desa Tondowolio setempat, pada Senin, (15/5/2023). 

Kegiatan tersebut melibatkan tokoh masyarakat, Kepala dusun dan perangkap Desa setempat untuk melakukan pemvalidan data jumlah penduduk dan keadaan ekonomi masyarakat di Desa Tondowolio pada sebelumnya oleh BPS 

Asmanuddin Amd.,T, Kepala Desa Tondowolio mengatakan, bahwa untuk kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memvalidkan data antara BPS dan desa, terkait dengan jumlah penduduk dan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Tondowolio. 

“Jadi pihak BPS bersinergi dengan pemerintah Desa, tujuanya adalah untuk memvalidkan hasil sensus agar hasilnya sama terkait jumlah penduduk dan tingkat kemiskinan dan kesetaraan sosial, yang ada di Desa Tondowolio ini”, ungkap Kepala Desa Tondowolio. 

Baca Juga:  Pangdam XIV/Hsn : Kebersamaan Dengan Suku Bunggu, Penderita Stunting dan Masyarakat Pesisir untuk Berbagi Kebahagiaan

Kepala Desa Juga menambahkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepada pihak BPS, karena telah melibatkan Pemerintah Desa untuk menghasilkan sebuah keputusan tentang kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat disetiap Desa. 

“Untuk itu kami selalu memfungsikan setiap Kepala Dusun, tokoh agama dan Tokoh masyarakat yang berperan aktif di Pemerintah Desa, untuk merumuskan bersama tentang kemiskinan di Desa ini dengan kriteria yang telah ditentukan oleh BPS”, ucap Kepala Desa Tondowolio pada Kegiatan Forum Konsultasi Publik. 

Asmanuddin juga berharap dengan adanya Forum Konsultasi Publik, agar bisa memghasilkan sesuai dengan realita yang ada di masyarakat. 

Sementara itu, Asisten Fasilitator, Gunawan menjelaskan, bahwa untuk kegiatan tersebut, adalah untuk memvalidasi atau memverifikasi data yang dihasilkan, ketika pelaksanaan program registrasi sosial ekonomi (Regsosek) yang diadakan oleh BPS yang lalu. 

Baca Juga:  Pimpinan Partai Golkar Berikan Bantuan Warga Yang Terkena Musibah Kebakaran di Kolaka Utara

“Jadi dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik ini adalah untuk mendapatkan data penduduk secara valid, baik mengenai jumlahnya maupun dalam keadaan ekonominya,”, ucap Gunawan. 

Dan data ini, lanjut Gunawan, bisa melalui satu pintu yang nantinya dapat digunakan oleh beberapa dinas yang terkait untuk keperluan data tersebut. 

“Harapan kita semua dengan adanya program ini, kita tidak terlalu susah untuk mendapatkan data, karena sesuai hasil pendataan dilapangan kita dapat koneksikan dengan data yang ada di Desa,” tutup Gunawan dalam Forum Konsultasi Desa di Tondowolio.

Untuk diketahui bahwa dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik yang di gelar di Desa Tondowolio ini turut hadir Sekdes Desa Tondowolio, Bhabinkamtibmas Polsek Watubangga dan Babinsa Koramil 07 Watubangga serta para undangan lainnya. (Aj/Red)

Pos terkait