Dua Hari Kunker di Bombana, Gubernur Ali Mazi di Anugerahi Gelar Adat Moronene

Ketgam, Tanpak Ali Mazi Gubernur Sultra Dalam Kunjungan Kejanya Ke Kabupaten Bombnaa Dengan Menggunakan Baju Adat Suku Mornene (Foto Red)

BOMBANA, MNN.COM — Kunjugan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bombana,Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH., disambut langsung oleh Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si dan Pj. Ketua PKK Kabupaten Bombana Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos, di Rujab Bupati Bombana, Sabtu(11/3/2023).

Penyambutan di iringi dengan Tarian adat Moronene. Usai daripada itu, dilanjutkan dengan santap siang bersama di Rujab Bupati Bombana,  dihadiri Forkopimda, Kepala OPD,  Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Bombana.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Siap Tampil Dalam Karnaval, Dinas Perikanan Kolaka Hiasi Mobil Layaknya Kapal Unik Penangkap Ikan

Kunjungan orang nomor satu di Sultra ini, diketahui berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu.

Selanjutnya,  rombongan Gubernur Ali Mazi  menuju Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana, dengan  kegiatan Penganugerahan Gelar Adat Kerajaan Moronene, sekaligus  Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Bombana .

Penganugerahan Gelar Adat Kerajaan Moronene diawali dengan Pembacaan Naskah Penganugerahan, dilanjutkan Pemasangan Taali dan Pemasangan Selempang Kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Poahurako Taali Rongga Pehambiako Selempang) oleh Paduka Yang Mulia Apua Pauno Rumbia VII Serta Penyerahan Naskah Penganugerahan Gelar Adat Oleh Pj. Bupati Bombana.

Kegiatan Kunjungan Kerja juga dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Sosial secara Simbolis kepada 60 Kepala Keluarga Korban Pasca Bencana Kebakaran Pasar Sentral Sikeli Kecamatan Kabaena Barat serta penyerahan bantuan Rumah Ibadah secara simbolis.

Baca Juga:  Ratusan Warga di Empat Kecamatan di kolaka Menerima Bantuan Uang Langsung Tunai Rp.600

Dalam kunjungan ini, disela-sela acara ramah- tamah, Gubernur  Ali Mazi menyampaikan bahwa pengembangan Infrastruktur Jalan dan Jaringan Listrik di Kepulauan Kabaena.

“Sesuai dengan janji politik Saya sejak 2018 yang lalu, Infrastruktur jalan dan layanan listrik di Kabaena akan direaliasikan dalam waktu dekat ini. Pengembangan Infrastruktur di Kabaena sempat tertunda akibat kondisi Negara kita hingga adanya pandemi Covid 19 waktu yang lalu”, kata Gubernur.

(Redaksi)

Pos terkait