Desa Lamoiko Gelar Musrenbang Libatkan Komponen Masyarakat 

KOLAKA, MNN.COM — Pemerintah desa Lamoiko Kecamatan Tanggetada gelar rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), berempat di aula kantor desa Lamoiko, Senin (16/01/23).

Turut hadir dalam musyawarah, seluruh perangkat desa, BPD, Staf Kecamatan Tanggetada, Ketua TP-PKK, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta Pendamping Desa.

Bacaan Lainnya

Anas, Kepala Desa Lamoiko dalam sambutannya menyatakan bahwa, rapat  musrenbang ini dalam  rangka menyepakati perencanaan skala prioritas pembangunan desa. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Maka dari itu, Musrenbang ini wajib melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana, yaitu  ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, APBD Kabupaten dan Propinsi, dan sumber dana lainnya”, Kata Kades.

Baca Juga:  Dr. Azhari Rektor USN Kolaka Lantik 44 Orang Dosen Menjadi Asisten Ahli

Dalam kesempatan itu, kades menyebutkan, tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah, Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan atau tahun yang akan datang.

“Maka dari itu, pemerintah desa wajib menghadirkan camat atau staf kecamatan selaku moderator yang berkaitan dengan rapat musrenbang ini, selanjutnya tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan”, Pungkasnya.

Rapat musrenbang ini diberikan ruang diskusi, tanya jawab soal usulan yang prioritas untuk kemudian akan tertuang pada RPJMDes yang disetujui oleh masyarakat dan  disepakati oleh BPD.

Baca Juga:  Warga Desa Toari Dan Wonuaraya, Serbu Vaksin Booster

Adapun kesimpulan hasil usulan, untuk  bidang infrastruktur yaitu, Pembangunan talud lokasi dusun 1,2,3, Rabat beton sepanjang 2 km, serta Pembangunan jembatan di desa petuduua, yang merupakan akses Desa Lamoiko.

Selanjutnya, pada bidang peningkatan Ekonomi dan SDA, disepakati usulan pengadaan hewan ternak sapi untuk 3 Kelompok yang masing-masing, pengadaan Bibit merica india 10.000 pohon, pengadaan Pupuk Urea, Tsp, dan kcl sbnyak 1 ton.

Forum rapat juga mengusulkan pembangunan perpustakaan Sekolah Dasar, pengadaan ambulance Desa serta Pembangunan Sanggar PKK Desa Lamoiko.

Menanggapi usulan dan hasil musyawarah yang telah disepakati, Kepala Seksi PMD Kecamatan Tanggetada Endang Suryadi. S.Kom,  mengatakan bahwa semua hasil usulan dalam rapat murenbang desa, yaitu untuk tahun 2024, dan akan di paparkan kembali  Utarakan pada Musrembang Kecamatan nantinya.

Liputan Rini.Wd

Editor, Redaksi

Pos terkait