Desa Oneeha Menggelar Musrembang, dan Menyerap Usulan Dari Bawah

KOLAKA, MNN.COM — Desa Oneeha menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Desa pada Kamis, (12/1/2023)

Dalam musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ditingkat Desa bertujuan untuk menampung dan menetapkan aspirasi atau usulan dari bawah, yakni dari RT/RW Tokoh Masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh Perempuan serta Dusun sebagai usulan prioritas untuk dibawa ke Musrenbang Pemerintah tingkat Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi PMD Kecamatan Tanggetada, Endang Suryandi.S Kom, saat membuka Musrembang di balai Pertemuan Desa Onehaa.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kolaka, Serahkan Bantuan APD Di Tiga Kecamatan, Wolo, Iwoimendaa Dan Samaturu

“Musrembang ini kita lakukan untuk mengusulkan apa yang menjadi skala prioritas dalam pembangunan pada tahun 2024 kedepanya,” ucap Endang Suryandi, Kasi PMD Kecamatan Tanggetada pada Musrembang Desa Onehaa.

Adapun usulan prioritas pembangunan untuk tahun 2024 kedepanya pada Musrembang Desa Oneeha tersebut, yakni adalah :
1.Pembangunan Bronjong Sungai 
2.Pembangunan Pagar Sekolah Dasar (SD) Onehaa.
3.Bantuan Alat Pertanian
4.Bantuan Nelayan, Alat Tangkap Ikan 
5. Pembangunan Talud di Bibir Pantai Desa Onehaa
6.Pembangunan Rehab Ruang Kelas Belajar (RKB) SD Negeri 1 Onehaa.

Endang Suryandi juga berharap untuk enam usulan dalam pembangunan tahun 2024 jangan bertitik tolak pada kemauan masyarakat tertentu, akan tetapi harus mengacu pada kebutuhan masyarakat yang perlu diprioritaskan, sehingga apa yang diputuskan nantinya merupakan hasil keputusan murni dari warga masyarakat, dan realisasinya pada anggaran tahun 2024 yang akan datang.

Baca Juga:  Dibuka Oleh Wakil Presiden RI, WaBup Kolaka Bersama Forkopimda Ikuti Secara Virtual Peringatan Hari OTDA Ke XXV

“Untuk itu dalam musrembang ini, janganlah ada bertitik tolak pada kemauan masyarakat, harus satu suara demi pembangunan Desa Onehaa ini,” tegas Kasi PMD Kecamatan Tanggetada.

Dia juga berharap, bahwa apa yang telah diusulkan oleh masyarakat itu hendaknya terus dipertahankan hingga pada tingkatkan diatasnya, yakni Musrenbang Kecamatan, sehingga perlu dikawal sejak sekarang. Dan diharapkan pada tahun anggaran 2024 mendatang, semua usulan tersebut dapat terealisasi 100 persen.

Untuk musrembang Desa Oneeha di hadiri oleh Sekdes Desa Oneeha mewakili Kepala Desa Oneha, Kasi PMD Kecamatan Tanggetada, Kapolposubsektor Tanggetada, Ketua Ketua BPD Desa Oneeha dan Para tokoh masyarakat,tokoh Perempuan serta tokoh pemuda Desa Oneeha.

(Laporan. Nita. Sri)

Pos terkait