Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, Hadiri Giat PHDI di Kecamatan Watubangga Desa Gunung Sari

KOLAKA, MNN.COM — Bupati Kolaka H.Ahmad Safei,SH.,MH bersama Wakil Bupati Kolaka H.Muh.Jayadin,SE.,ME. mengahadiri acara sekaligus Membuka Loka Sabha VI Perisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Loka Sabha II Prajaniti dan Loka Sabha IV DPK Peradah Kabupaten Kolaka. Kegiatan ini berpusat di Kantor Desa Gunung Sari Kecamatan Watubangga, Minggu (8/1/2023).

Kegiatan Umat Hindu ini mengangkat tema “Melalui Loka Sabha IV PHDI Kabupaten Kolaka,  Kita Wujudkan Konsolidasi Dalam Bingkai Moderasi BerAgama Menuju Kolaka Yang Maju dan Religius”.

Bacaan Lainnya

Hadir pada kegiatan ini Ketua PHDI Provinsi Sultra, Anggota DPRD Kab. Kolaka Agus Salim SE, Asisten I dan II Setda Kab.Kolaka, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab. Kolaka, sejumlah  Camat, sejumlah  Kepala Desa dan Lurah Se-KecTanggetada dan Watubangga, para Ketua Organisasi PHDI dan Prajaniti Kab. Kolaka serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  Ir Syaifullah Halik Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin Ketua Fraksi

Dalam sambutannya Bupati Kolaka H.Ahmad Safei,SH.,MH menyampaikan, bahwa Kabupaten Kolaka merupakan daerah yang majemuk atau heterogen yang memiliki berbagai suku, agama dan budaya, namun semuanya dapat hidup dengan tenang, damai dan tentram. 

“Ini berkat kerja sama kita semua pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam merawat kebinekaan itu dengan semboyan di mana bumi di pijak maka disitu langit harus di junjung, artinya dimanapun kita berada hendaknya kita harus saling menghargai, menghormati antara sesama agama, suku dan budaya”, Kata Bupati

Dikatakan bahwa, dengan adanya tolaransi sesama umat beragama, maka disinilah arti pentingnya perekat persatuan dan kesatuan untuk memelihara keharmonisan dan kedamaian. Untuk itu, perlu adanya peran dari tokoh agama itu sendiri karena tanpa adanya kedamaian mustahil pembangunan menuju masyarakat sejahtera seperti yang kita cita-citakan dapat kita laksanakan.

“Prinsip toleransi dan saling menghargai harus senantiasa di junjung tinggi dalam tataran implementasi, hendaknya jangan sampai ada umat beragama yang terhalang dalam melaksanakan ibadahnya, dan begitu pula kalangan umat beragama dalam melaksanakan kegiatan keagamaannya, hendaknya tidak mengganggu aktivitas masyarakat pada umumnya, sehingga suasana harmonis dan kondusif daerah tetap terjaga dengan baik”, Sebut Bupati dua periode ini.

Baca Juga:  Berikut Nama-nama 28 Anggota PASKIBRAKA HUT RI ke-78 di Kecamatan Toari

Dalam kesempatan itu, Bupati Kolaka juga menyampaikan selamat bermusyawarah bagi PHDI,  berharap semoga nantinya dalam musyawarah ini dapat mengahasilkan keputusan terbaik, terutama dalam memilih pemimpin untuk menahkodai organisasi ini yang berjalan  lima tahun kedepan.

Kemudian, pada kesempatan ini pula Bupati Kolaka berkenan memberikan bantuan kompor pengabenan, gong, dan baju pemangku. Hingganya, acara berjalan dengan damai dan penuh hikmah.

Kepala Desa Gunung Sari, Pujianto Ruslan kepada media ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas atensi dan dukungan Pemda Kolaka, hingga kegiatan PHDI di Desa Gunung Sari berjalan dengan aman dan sukses.

“Terima kasih juga atas kepercayaan panitia pelaksana PHDI yang telah mempercayakan Desa Gunung Sari menjadi pusat pelaksanaan kegiatan ini”, Kata Kades.

(Red).

Pos terkait