Asmawa Tosepu, Pj Wali Kota Kendari Bersama Ketua DPRD Kota Kendari Meresmikan LPJU di Kota Kendari

KENDARI, MNN.COM – Asmawa Tosepu Pj Wali Kota Kendari meresmikan penggunaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kecamatan Kendari Barat, pada Kamis, 29 Desember Tahun 2022 pada malam hari.

Dan peresmian LPJU tersebut yang ditandai dengan menyalakan saklar lampu jalan yang ada di tiang listrik utama di depan Kantor Camat Kendari Barat oleh Pj Wali Kota Kendari bersama Ketua DPRD Kota Kendari.

Bacaan Lainnya

Asmawa Tosepu menjelaskan, bahwabuntu LPJU ini memiliki empat fungsi yakni penerangan, keamanan, ekonomi dan dekorasi.

Asmawa Toaepu juga menambahkan, bahwa dirinya mengakui, dengan sejumlah wilayah di Kota Kendari ini masih dalam kondisi gelap, sedangkan ciri kota itu salah satunya kalau malam hari harus terang. Namun demikian perlahan persoalan itu mulai diatasi, termasuk memasang lampu hingga ke lorong-lorong di pemukiman warga.

Baca Juga:  Dinas PMD Kolaka, Sosialisasikan Juknis Pemilihan BPD Periode 2020-2026

“Jadi pada malam hari ini, mudah -mudahan saja lampu penerangan jalan umum ini dapat berfungsi dan bisa di nikmati dan dirasakan kita semua,” ucap Pj Wali Kota Kendari

Di jelasinnya Asmawa juga mengatakan, bahwa untuk LPJU bisa bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya tindakan kriminal, kalaupun ada orang orang yang berniat untuk melakukan kejahatan pasti akan turun niat jahatnya karena kondisinya lampunya yang begitu sekali.

Kemudian dari sisi ekonomi, dengan kondisi yang terang pelaku ekonomi dari Usaha Mikro dan Kecil (UMK) bisa hidup karena masyarakat akan melakukan aktivitas di tempat itu.

Selanjutnya fungsi dekorasi, Asmawa punya mimpi akan memasang lampu di sepanjang Teluk Kendari sehingga Teluk Kendari akan nampak pada malam hari sebagai ikon Kota Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan yang hadir dalam acara itu mengungkapkan, Program Kendari Terang merupakan program kolaborasi antara Pemerintah Kota Kendari dengan DPRD, untuk menciptakan Kota Kendari yang aman sehingga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

”Untuk itu dengan program ini bisa mengurangi tindak kejahatan dan bisa mencerahkan pemikiran kita agar terbuka wawasan kita,” kata Subhan.

Baca Juga:  Pemdes Lamoiko Gelar Forum Konsultasi Publik Regsosek Tahun 2023

Subhan mengaku DPRD Kota Kendari akan selalu mendukung program-program Pemerintah Kota Kendari dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Sementara itu, mewakili masyarakat Kecamatan Kendari Barat, Jafar menyampaikan terimakasih pada pemerintah Kota Kendari, karena selama ini masih banyak lokasi di Kota Kendari yang belum merasakan penerangan di jalan umum.

Dia meminta agar penerangan dipasang hingga ke lorong pemukiman warga, karena masih banyak lorong atau gang yang gelap gulita.

“Kami percaya penerangan lampu ini tidak berhenti di jalan poros, kami percaya gerakan ini akan terus merambah hingga ke lorong-lorong,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari Laode Abdul Manaz Salihin menjelaskan, LPJU lengan ganda yang diresmikan ini terpasang di 90 titik di sejumlah jalan poros yakni, jalan Pembangun di Kecamatan Kendari Barat, Jalan Saosao dan Jalan Sorumba di Kecamatan Kadia dan Kecamatan Wua-wua.

“Program ini menggunakan APBD sebesar Rp 3,9 miliar dan 100 persen sudah selesai,” katanya.

Dia berharap fasilitas ini bisa dijaga bersama, karena memiliki banyak fungsi salah satunya meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu-lintas. (Red)

Pos terkait