Akibat Cuaca Buruk, Puluhan Nelayan di Kelurahan Anaiwoi Tanggetada Tidak Melaut

KOLAKA, MNN.COM – Puluhan Nelayan di Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Takut melaut diakibatkan cuaca buruk yang dapat membahayakan keselamatan jiwa para nelayan.

Hal itu dikatakan oleh Aco (47) salah satu warga nelayan di Kelurahan Anaiwoi Sudah beberapa hari ini dirinya dan puluhan rekan nelayan lainya memilih untuk  memperbaiki perahu atau jaring maupun mesin yang rusak daripada untuk melaut.

Bacaan Lainnya

“Sudah beberapa hari terakhir ini kami tidak melaut, karena cuaca buruk, apalagi angin yang begitu kencang dan ombak setinggi tiga meter dan perahu kami yang sangat kecil tidak sanggup untuk melawan ombak yang begitu besar, dan kalau kami memaksakan untuk turun melaut yah sama halnya kami cari mati,” ucap Aco Pada Media ini Minggu, (25/12/22).

Baca Juga:  Ciptakan Kedamaian Bersama, Anggota KSTB Kodap V Serahkan Senpi Jenis Engkeloop Kepada Satgas TNI Yonif 725/Woroagi

“Dan bukan saja saya sendiri yang tak malaut akibat cuaca buruk ini, ada puluhan rekan kami yang lebih memilih untuk istirahat sejenak sambil memperbaiki perahu atau alat tangkap ikan sambil menunggu cuaca membaik,” tambah Aco.

“Yah mudah mudahan cuaca ini cepat berlalu agar kami dapat melaut seperti biasanya,” ucapnya.

Dan untuk itulah para nelayan tidak melaut karena lebih mementingkan keselamatannya dibanding mata pencariannya meski pendapatan mereka akan berkurang. Dan untuk saat ini para nelayan yang berada di Kelurahan Anaiwoi ini lebih memilih untuk memperbaiki jaring, mesin, dan kapal. Mereka juga manfaatkan waktu untuk berbenah supaya nanti ketika cuaca sudah membaik bisa melaut secara optimal.

Baca Juga:  Bertindak Sebagai Irup Dalam Upacara Bendera 17-an, Kasdam Bacakan Amanat Pangdam XIV/Hsn

Dan di ketahui bahwa untuk saat ini nelayan yang menggunakan perahu Bagang pun di tarik untuk berlabuh di pesisir pantai Kelurahan Anaiwoi kecamatan Tanggetdaa untuk menghindari kejadian yang mereka tidak inginkan sambil menunggu cuaca membaik. (Reporter/Aj/Red)

Pos terkait