Kunjungan Panen Raya di Konsel, ASR Buktikan Kebersamaan Terhadap Petani

KONSEL, MNN.COM — Mayjen TNI (Purn) Andi Sumanggeruka (ASR) membuktikan keseriusannya dalam membangun ekonomi masyarakat di sektor petanian dan perikanan. Keseriusan mantan Pangdam XIV/Hasanuddin ini terbukti  dengan mengadakan beberapa program yang berkerjasama dengan pengurus HKTI Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam bulan Desember 2022 ASR telah dua kali berkunjung ke Kabupaten  Konawe menyasar kelompok Tani dan kelompok penambak ikan yang berada di kabupaten Konawe Selatan.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan ke Konawe Selatan yang pertama ini, ASR melaksanakan kegiatan panen raya di desa Lebo Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan. 

Dalam kesempatannya dihadapan petani, ASR mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukannya akan terus berlangsung.

“Saya berharap kebersamaan dalam membantu pertumbuhan ekonomi melalui sektor Pertanian di Kabupaten Konsel akan terus dilakukan, sebab petani butuh sentuhan untuk keberhasilan dalam meningkatkan hasil panen”, Kata ASR

Tahun ini, ASR juga menyediakan bantuan berupa benih Padi Varietas Unggul Baru Inpari 33, ASR bersama dengan HKTI Sultra menyediakan produk benih padi unggul gratis dan penyedian lahan yg terintegrasi bagi petani, kegiatan ini direalisasikan secara bertahap dengan uji coba seluas 1 hektar. Nantinya program ini akan berjalan di lahan yg terintegrasi seluas 100 Hektar, maka dengan program ini, diharapkan mampu membantu para petani khususnya di Konawe Selatan.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Kendari Tampilkan Teknologi Metaverse Dalam Indonesia City Expo (ICE) 2022 di Kota Padang

Dikatakan ASR, bahwa  kegiatan panen raya ini untuk mendukung kekuatan pangan dan peningkatan ekonomi petani. Menurut ASR, Kabupaten Konawe Selatan memiliki potensi sektor pertanian yang sangat prospek dan bisa menjadi lumbung pangan di Sulawesi Tenggara.

“Kita harap apa yang kita tanam hari ini bisa menjadi bekal untuk kita sehingga kita pun tidak kekurangan pangan dengan mengikuti program-program yang sudah dibuat oleh pemerintah, karena sudah ada anggaran yang sudah disiapkan dalam mengelola lahan,” pungkas ASR

Bukan hanya itu, potensi pertanian di Konawe Selatan lanjut ASR, ditunjukkan dengan pemanfaatan teknologi tepat guna yang diterapkan oleh para petani sehingga mendapatkan hasil produktivitas yang tinggi. 

“Karena itu saya berharap dari seluruh masyarakat, potensi pertanian ini dapat terus kita kembangkan, dan seluruh petani yang bergabung dalam kelompok tani ini bersama-sama kita bergotong royong, bergandengan tangan dalam mensukseskan program ketahanan pangan ini, kenapa demikian karena kita semua membutuhkan hasil dari pertanian ini, dan untuk semua pemangku kepentingan untuk menggiring masyarakat dalam mendukung program pemerintah guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat”, Pungkasnya.

Baca Juga:  Camat Watubangga Apresiasi Antusiasnya Kepala Desa dan Kepala Sekolah Utus Barisan Gerak Jalan

Dalam rangkaian kunjungan itu, sebelumnya ASR juga telah  menggelar panen raya ikan bandeng/Bolu bersama masyarakat pesisir bersama dengan pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Melalui kegiatan ini, termasuk  Pembinaan petani tambak ikan bolu (bandeng) adalah bagian daripada membantu program pemerintah.

Kegiatan panen ini sekaligus melaksanakan kegiatan penyaluran dan penyuluhan terkait bantuan subsidi pupuk tambak ikan, subsidi pakan ikan, dan benih berkualitas gratis yang disediakan bapak Andi Sumanggeruka (ASR) melalui HKTI Sultra.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan ketahanan pangan dan peningkatan kualitas hasil panen untuk kemajuan ekonomi masyarakat wilayah pesisir Tinanggea bersama komponen masyarakat lainnya yang bersinergi dalam rangka ketahanan pangan menuju Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat sesuai dengan instruksi pemerintah”, Pungkasnya. (Red)

Pos terkait