Peringatan Hari Ifantri Ke 74, Kapendam XIV Pimpin Kegiatan Penyerahan YWP Secara Simbolis

MAKASSAR, MNN.COM —  Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., memimpin kegiatan Penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka (YWP) Jaya Peleton Beranting (Tonting) dalam rangka memperingati Hari Infanteri Ke-74 Tahun 2022, bertempat di Mayonif Raider 700/Wira Yudha Cakti, Makassar. Pada Minggu (18/12/2022).

Kegiatan tradisi Pleton Beranting (Tonting) merupakan wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan, terutama bagaimana nilai-nilai kejuangan ditransformasikan pada jiwa setiap prajurit baik dalam tindakan dan perilaku sejalan dengan nilai-nilai yang diwariskan para pendahulu Korps Infanteri.

Bacaan Lainnya

Pasukan Tonting yang terdiri dari Batalyon Infanteri jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Divisi Infanteri-3/Kostrad melangkah tegak melakukan perjalanan jauh dengan menempuh empat etape, dengan rute start di Mayonif Raider 700/WYC menuju etape pertama di TMP Panaikang Jl. Urip Sumoharjo, kemudian menuju etape kedua Jl. Tun Abd Razak, lalu etape ketiga di Jl. STTP Kab. Gowa dan di etape terakhir bertempat di lapangan SMPN 1 Bontomarannu Kab. Gowa selanjutnya akan finish di Markas Divisi-3/Kostrad Pakatto Kab. Gowa esok harinya.

Baca Juga:  Ratusan Peserta Domino Press, Bertanding Rebut Hadiah SAP Law Firm Kolaka

Kapendam Hasanuddin selaku Perwira Korps Infanteri Kodam XIV/ Hasanuddin dalam sambutannya dihadapan para peserta Pleton Beranting mengungkapkan bahwa tonggak sejarah Korps Infanteri adalah peristiwa pada tanggal 19 Desember 1948 dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin perang rakyat semesta melaksanakan aksi infiltrasi dengan cara Long Mars.

“Dalam peristiwa tersebut memberikan pesan penting kepada kita bahwa dengan berbekal tekad, semangat, senjata serta perlengkapan yang sederhana dan tradisional, tentara bersama rakyat dapat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang,” Tuturnya.

“Oleh karena itu dalam rangkaian peringatan hari Infanteri, peristiwa bersejarah yang penuh heroisme ini setiap tahunnya selalu diperingati, dengan melaksanakan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya mengawal panji-panji/simbol Korps Infanteri guna menggelorakan semangat dan meresapi kembali nilai-nilai patriotisme para pejuang kemerdekaan yang tak kenal menyerah,” Sambungnya.

Baca Juga:  HUT ke-4 Wisata Kalomang Beach, Asisten II Setkab Kolaka Apresiasi Sinergitas Pemuda Watubangga

Di akhir sambutannya Kolonel Rio berpesan kepada para peserta agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dilandasi ketulusan, disertai kegembiraan, selalu jaga kekompakan agar dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat, tidak mudah menyerah, dan pelihara terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. (R)

Pos terkait