Tarian Lumense Asal Daerah Kabupaten Bombana Kini Tampil di Halaman Istana Negara Dalam Perayaan HUT RI Ke-77

Tampak Tarian Lumense Asal Daerah Kabupaten Bombana Tampil di Halaman Istana Negara Dalam Perayaan HUT RI Ke-77 (Foto Net/Red)

JAKARTA, MNN.COM — Kebanggan bagi warga masyarakat Daerah Kabupaten Bombana pasalnya Tarian adat suku Mornene yakni tarian Lumense kini ditampilkan pada upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 di Istana Negara, pada Rabu 17 Agustus 2022, 

Dan tarian Lumense ini adalah merupakan tarian khas Suku Adat Mornene dari daerah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

Bacaan Lainnya

Tarian adat Mornene ini adalah tarian Lumense Garbarata yang merupakan karya yang berbasis tari tradisional Lumense dari toko’tua Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

Baca Juga:  Rangkap Jabatan,PB HMI Minta MENPAN RB Copot Agus Pramusinto Dan Agustinus Fatem Dari Komisioner KASN

Tampak Tarian Lumense Asal Bomabana

Garbarata adalah program kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai wujud atau bentuk persatuan. Secara Etimologinya, Lume yang artinya adalah kata mencuci atau membersihkan sedangkan Ense artinya adalah berjingkrak-jingkrak ibarat menginjak injak bara api yang membara dan panas.

Dan tarian Lumense ini yang ditampilkan di Istana Negara ini dan didampingi langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Ali Mazi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio, Kadis Pariwisata Sultra Belli Harli Tombili, Kadis Pariwisata Bombana Anisa Sri Prihatin, dan Bupati Bombana Sjafiuddin Dullah.

Dan para tetamu yang menyaksikan secara langsung tarian Lumense ini di halaman Istana Negara Republik Indonesia terkagum kagum melihatnya dengan kecanggihan pakaian adat dan tarian Lumense asal Kabupaten Bombana. (*)

Baca Juga:  Ketua AWI Sultra Sebut Pengangkutan Or  PT. Asmindo Melanggar Penggunaan Jalan Umum

Pos terkait