Ketersediaan Bahan Pokok Pasar Baruga Kendari, di Pantau Wali Kota Bersama KaKanwil IV KPPU Makassar

TanpakSulkarnain, Wali Kota Kendari Meninjau Pasar Baruga Kendari Bersama KaKanwil IV KPPU Makassar (Foto Istimewa/Red)

KENDARI, MNN.COM — Pasar Baruga mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Kendari dalam hal ini memantau ketersediaan dan harga bahan pokok. Nampak dengan kunjungan kerja Walikota Kendari Sulkarnain Kadir  bersama Kepala Kanwil IV Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, Kamis (28/7/2022)

Wali Kota bersama bersama Kakanwil IV KPPU, terlihat berinteraksi langsung dengan pedagang pasar terkait harga bahan pokok dan ketersediaanya.

Bacaan Lainnya

Kunjungan kerja Sulkarnain kali ini bukan sekedar soal harga dan ketersediaan bahan pokok saja. Ia sekaligus  memantau perbaikan lapak penjualan  daging dan ikan di Pasar Baruga, senantiasa  diharapkan selesai pembenahan sebelum akhir tahun ini.

Baca Juga:  Gubernur Sultra Membuka Rakerwil PKS dan Sampaikan Strategi Garbarata

“Lapak pedagang ini diharapkan selesai sebelum akhir tahun, dan untuk harga bahan pokok di pasar baruga ini relatif stabil,” Kata Wali Kota.

Dikatakan, bahwa soal ketersediaan stok bahan pokok itu tugas pemerintah juga, yakni  pertama stoknya tersedia, yang kedua harganya terjangkau, dan bisa dipertahankan.

“Pemerintah wajib memastikan ketersediaan stok bahan pokok di pasar, tugasnya yaitu memastikan stok tersedia, kemudian memastikan harganya terjangkau, dan bisa dipertahankan,” Kata Sulkarnain.

Wali Kota Kendari Tinjau Pasar Baruga dan KaKanwil IV Makassar

Namun, menurut orang nomor satu kota kendari ini bahwa ketersediaan bahan pokok itu  didukung oleh daerah lain sebagai penyuplai dan penyangga untuk kebutuhan bahan pokok.

Baca Juga:  Asmawa Tosepu, Pj Wali Kota Kendari Bersama Ketua DPRD Kota Kendari Meresmikan LPJU di Kota Kendari

Di tempat yang sama, Kakanwil IV KPPU Makassar, Hilman Pujana memgatakan bahwa  dirinya memantau harga itu tidak mengalami banyak perbedaan sejak usainya Idul Adha kemarin hingga saat ini.

“Tadi disampaikan ada beberapa komoditas yang berasal dari daerah penyangga dari Muna dari Konsel juga ini yang perlu dibentuk,” Pungkas Hilman Pujiana.

Ia mengapresiasi terhadap Wali Kota Kendari, Karena telah membentuk koordinasi antar kepala daerah, untuk menjaga harga dan ketersediaan bahan pokok.

Menurut Hilman, karena  Kendari  bukan produsen, maka harus buat koordinasi dengan daerah penyangga, sehingga dapat memastikan pasokan yang masuk ke Kota Kendari itu lancar. (Red)

Pos terkait