Jangan Bingung Menentukan Pilihan, Setelah Jadi Sarjana, Inilah Tips Untuk Memilih Karir Bagi Alumni USN Kolaka

Tampak Gedung Kampus Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka (Foto Net)

KOLAKA. MMM.COM – Karier kalian tidak lepas dari pilihan yang telah ditentukan dengan banyak pertimbangan. Pilihan yang akan kalian tuju sebagai pijakan guna melangkah lebih maju.

Tidak hanya itu dalam memilih karier memang perlu beberapa pertimbangan dari segi waktu, finansial, termasuk kesiapan diri sendiri. Informasi dari berbagai sumber yang akurat akan sangat membantu dalam memilih karier.

Bacaan Lainnya

Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sebagai salah satu Universitas Negeri di Sulawesi Tenggara termasuk PTN Pertama di Kabupaten Kolaka dan terus tumbuh dengan pengusulan prodi baru.

Banyak pengajar di USN Kolaka memang tidak berasal dari universitas tersebut, Bukan tidak mungkin nanti kalian tercantum orang berprestasi serta berinisiatif melanjutkan ke jenjang yang lebih besar mendapat kesempatan untuk mengabdi di Almamater USN Kolaka tercinta.

Tidak hanya tenaga pengajar seperti dosen, buat kalian yang mengambil jurusan nonpendidikan seperti jurusan Ilmu Hukum, pasti kalian juga dapat bekerja di sektor pemerintahan. Banyak jalan karier yang dapat diharapkan dari jurusan Hukum. Tidak hanya jadi pengacara, sarjana hukum dapat berkarier selaku jaksa, hakim, konsultan hukum, pejabat pembentuk akta tanah, dan lain- lain.

Berikut ini berbagai tips supaya kalian bisa mengambil keputusan bijak tentang pilihan karier yang bakal dijalani dengan pertimbangan matang serta tepat sasaran.

Motivasi

Motivasi adalah salah satu faktor yang paling penting bagi kepuasan karier jangka panjang kamu nantinya. Sesuatu yang diawali dengan motivasi positif dan disertai niat baik tentu menghasilkan hal yang baik pula. Motivasi yang berasal dari dalam diri maupun dukungan keluarga berhubungan dengan minat yang merupakan salah satu aspek psikis manusia.

Baca Juga:  USN Kolaka Kembali Menggelar UTBK – SBMPTN Tahun 2024 Dengan Berbasis Komputer 

Seseorang yang memiliki minat tinggi terhadap kesuksesan menunjukkan diri adalah pribadi yang mau maju dan sukses, selain kalian perlu menaruh perhatian penuh dibarengi motivasi untuk berprestasi di bidang yang digeluti kelak. 

Kepribadian

Mempertimbangkan antara kepribadian dan karier kelak perlu kamu lakukan. Hal ini berdampak positif pada proses kamu. menemukan pekerjaan yang pada akhirnya bisa kamu nikmati. Karena kepribadian seseorang bisa menggambarkan kehidupan seseorang secara keseluruhan, ada yang bisa tenang dalam menghadapi masalah, ada yang bisa membuka diri untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan, dan lainnya.

Sebagai sebuah rangkaian proses kematangan berpikir dan pendewasaan yang dilalui, kamu memang perlu menimbang mau jadi apa dengan segala konsekuensinya, bukan hanya berani menanggung tetapi juga menjawab dengan kata lain, bertanggung jawab.

Keterampilan

Keterampilan sangat dibutuhkan di dalam kehidupan, sebab memiliki keterampilan yang tepat adalah kunci untuk membuka pintu banyak karier. Keterampilan yang anda peroleh adalah hasil dari kemampuan atau bakat bawaan yang dikembangkan oleh setiap pelatihan dan proses belajar yang kamu terima agar kamu siap dengan perjalanan hidup yang terkadang tidak mulus,  kalau tidak, kamu bisa ketinggalan dalam memperoleh karier yang menunjang kehidupan.

Nilai-nilai

Nilai-nilai norma yang kamu pegang termasuk gaya hidup, keyakinan, agama atau panduan etika yang diikuti. Coba tanyakan pada diri sendiri. “Apa kelebihan dan kekurangan yang saya miliki? Apa yang ingin saya kerjakan, dan pekerjaan apa yang ingin saya hindari? Dalam lingkungan seperti apa saya ingin bekerja? Tingkat ekonomi seperti apa yang ingin saya capai?”, dan lain sebagainya. Kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk bisa menemukan karier yang anda inginkan.

Baca Juga:  Kegiatan Pelayanan Konsultasi Hukum Kejaksaan Negeri Denpasar, di Respons Positif Masyarakat

Kendala

Kendala ini termasuk komitmen keuangan atau keterbatasan, lokasi geografis di mana anda dapat bekerja, tanggung jawab keluarga, atau pembatasan serta kualifikasi pendidikan kamu dalam memilih karir sangat perlu dipertimbangkan. Sehingga kendala tersebut dapat kamu pikirkan untuk alternatif lain, jika masih ada masalah, maka bisa diatasi dan dicari jalan keluar terbaik.

Ambisi

Ada beberapa pertanyaan yang dapat memacu ambisi kamu ke depan seperti, bagaimana dan kapan kamu ingin memulai bekerja atau memilih menikah dulu, berkeluarga dan menetap? Apakah kamu menginginkan satu pekerjaan tunggal seumur hidup atau memiliki pilihan untuk mengubah karier? Apakah kamu akhirnya ingin mendirikan sekolah, perguruan tinggi, bisnis sendiri atau menaiki tangga jabatan di dalam perguruan tinggi maupun di perusahaan besar?; Kapan kamu ingin pensiun? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Peluang

Membaca peluang yang ada sebelum mengambil keputusan merupakan suatu hal yang bijak. Kesempatan kadang tidak datang dua kali, jadi ketika ada kesempatan untuk berkarier dengan pertimbangan yang matang, kamu sebaiknya menyambut dengan antusias.

Ketika kamu selesai sekolah dan mendapatkan permasalahan untuk beberapa rencana dalam hidup berhubungan pilihan-pilihan dalam karier, rekomendasi pertama adalah untuk mendapatkan bimbingan karier namun juga tetap dengan mempertimbangkan beberapa poin tambahan lainnya, seperti yang diuraikan sebelumnya.

Pada intinya, sebelum kamu masuk ke Universitas baik itu di USN Kolaka maupun Universitas lainnya, kamu harus memikirkan keinginan sendiri, ikuti kata hati serta bakat kamu.

Tidak kalah penting berupa persiapan mengikuti bimbel misalnya menggunakan fasilitas Quipper Video sebagai solusi e-learning berbasis video online untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UN dan SBMPTN sehingga belajar lebih efektif dan menyenangkan. Belajar lebih seru di mana saja dan kapan saja.(*)

Pos terkait