Melalui Program PPM, PT Vale Tbk Bersinergik Dengan Pemerintah Kolaka dan Masyarakat

Ketgam : Tanpak PT.Vale Melakukan Peletakan Batu Pertama Demi Bersenergik Pemerintah Dan Masyarakat (Foto Redaksi)

KOLAKA, MNN.COM – Bukti keseriusan PT Vale Indonesia Tbk, bersinegik dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka khususnya dan Propinsi Sultra pada umumnya, dengan adanya Program PPM di wilayah operasinya.

Salah satu wujud sinergitas Program Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat tersebut, melalui dukungan pembangunan gedung pemuda Kabupaten Kolaka, yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Bupati Kolaka dan diikuti oleh Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter, pada Kamis (18/3/2021). 

Bacaan Lainnya

Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter mengatakan, bahwa pembangunan gedung pemuda Kolaka merupakan realisasi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Tahun Anggaran 2019- 2020, yang didasarkan atas usulan organisasi pemuda dan ditetapkan melalui Komite Pengelola Program PPM yang anggotanya terdiri dari perwakilan unsur pemerintah dan masyarakat. 

“Olehnya itu, Program dilaksanakan dengan kesadaran bahwa pemuda adalah aset, sekaligus investasi bagi masa depan Kabupaten Kolaka,” ungkapnya. 

Baca Juga:  Safari Ramadan di Tanggetada, Bupati  Kolaka Ajak Masyarakat Muslim Ramaikan Masjid dan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Dia mengatakan,  ketersediaan sarana seperti gedung, itu adalah mutlak dibutuhkan untuk menunjang kegiatan program kepemudaan dan mendorong partisipasi pemuda, dalam berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Kolaka. 

“Perlu di ketahui, Kehadiran gedung pemuda ini diharapkan akan menjadi pusat aktivitas dalam menghimpun pemuda-pemudi di Kabupaten Kolaka, untuk melakukan interaksi positif dan mengembangkan kreativatasnya demi membangun kabupaten Kolaka,” ujarnya. 

Menurutnya, bahwa Fasilitas gedung dinilai sangat bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembangnya kreativitas, inovasi dan daya saing kepemudaan di Kabupaten Kolaka kedepannya. 

“Gedung pemuda Kabupaten Kolaka nantinya akan menjadi aset pemerintah daerah yang pengelolaanya diserahkan kepada organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Kolaka”, Ujar Niko. 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati Kolaka mengatakan,  bahwa pelaksanaan program PPM merupakan implementasi dari kewajiban perusahaan, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 25 Tahun 2018 dan diatur secara teknis dalam Kepmen ESDM Nomor 1824K/30/MEM/2018. “Namun lebih dari itu, bagi PT Vale, program PPM adalah sinergi dengan para pemangku kepentingan untuk membangun dan mengembangkan masyarakat agar Kolaka menjadi wilayah yang maju, berkeadilan, dan sejahtera, sesuai slogan yang diusung oleh pemerintah Kabupaten Kolaka dalam hal ini Bupati Kolaka,” tandasnya. 

Baca Juga:  Majelis Taklim Desa Wonuaraya Ramaikan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Kolaka

Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam keterangannya, Ia mengaharpakan , terhadap pembangunan Gedung Pemuda Kolaka ini  dapat berjalan lancar hingga capaiannya sesuai  dengan target yang ditentukan. 

“Selaku Pemerintah Daerah, kami berharap tahun ini bisa selesai dan digunakan, itupun sesuai  targetnya selama 6 bulan, atau masa kerja180 hari, semoga bisa rampung,” Ujar Bupati dua Periode ini.

Dikatakannya,  selain pembangunan gedung pemuda, program PPM PT Vale di Kabupaten Kolaka untuk Tahun Anggaran 2019-2020, telah terealisasikan dalam bentuk pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Baula, pembangunan tribun lapangan Desa Watalara, pembangunan Jetty Wisata Mangrove serta rehabilitasi gedung kios BLK. 

“Melalui PPM PT Vale, hingga telah terbangunnya pengadaan lampu jalan, pembangunan Terminal Pomalaa, pengadaan alat kesehatan dan prasarana penunjang, pengenalan dan pelatihan padi organik, serta pendirian Politeknik PSDKU Kolaka,” Ungkap Bupati.

#Redaksi

Pos terkait