Para Pecinta Ikan Koi Sultra Ikut Rebutkan Piala Pangdam XIV/HSN Serta Uang Tunai 30 Juta

Ketgam : Tanpak Para Peserta Ikan Koi Sultra Yang Ikut Dalam Perlombaan Piala Pangdam XIV/HSN (Foto dok Penrem 143/NIta Sri Intani)

KENDARTI, MNN.COM – Para pecinta ikan koi di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Lomba untuk memenangkan Piala Pangdam XIV/HSN serta Uang Tunai sebesar 30 Juta Rupiah, dalam perlombaan ini ada sekitar 449 ekor ikan Koi yang ikut dalam perlombaan Piala Pangdam XIV/HSN Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Hal ini dikatakan oleh Kapenren 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Sabtu (20/2/21).

Bacaan Lainnya

Diungkapkan Kapenrem, kegiatan Festival Ikan Koi yang akan memperebutkan Piala Pangdam XIV/Hsn tersebut diselenggarakan selama 2 hari.

“Kegiatan dibuka pada hari Kamis (18/2/2021), bersama dengan pertandingan tenis lapangan. Namun untuk festival ikan Koi baru dimulai hari Sabtu ini,”ujar Mayor Arm Sumarsono.

Terkait peserta festival Ikan Koi ini, lanjut Sumarsono, mereka tidak saja dari Sultra tapi juga dari Makassar.

“Tidak diduga, ternyata animo dari para pecinta atau pembudidaya ikan Koi sangat luar biasa. Sekitar 449 ekor ikan dari berbagi jenis ikan Koi akan memperebutkan hadiah total sekitar Rp.30 juta”terangnya.

Baca Juga:  Apresiasi Dandim 1417/Kendari Terhadap Prajurit Yang Berprestasi

Lebih lanjut Sumarsono katakan bahwa selain mengenalkan mengenalkan hasil budi daya ikan Koi, dalam festival ini juga diharapkan dapat mendorong komunitas serupa untuk mengembangkan hasil budi daya ikan di Sultra 

“Sultra terkenal dengan hasil laut yang tumpah ruah, tentu banyak juga ikan yang dapat dibudidayakan atau dikenalkan ke berbagai wilayah ataupun luar negeri. Misalnya mungkin Ikan Napoleon,”ujar Kapenrem.

“Tapi memang Ikan Napoleon saat ini termasuk yang dilindungi dan menjadi hewan langka,”imbuhnya.

Untuk diketahui ikan napoleon yang biasa disebut dengan Napoleon Wrasse, atau Humphead Wrasse (Cheilinus undulatus) merupakan ikan karang berukuran besar dari familia Labridae. 

Ikan dengan ukuran yang besar ini memiliki nilai jual yang bisa mencapai jutaan rupiah ini juga menarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sementara itu,  Ketua Panitia Pangdam XIV/Hsn Festival Koi 2021, Mayor Inf Muhammad Amin (Danyonif 725/Wrg) mengatakan bahwa dalam ajang kali ini terbagi dalam 3 kelas.

“Kelas Gosengka A ( Hohaku, Taisho Sanshoko dan Showa Sanshoko.), Melati B (Shiro utsuri, Koromo/Goshiki, Kin Gin Rin, Kawarimono dan Doitsu) dan Anggrek C (Hi/Ki Utsuri/Bekko, Shusui/Asagi, Hikari mono dan Tancho),” kata Mayor Inf Amin.

Baca Juga:  Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 1-4-2023, Pangdam XIV/Hsn : Bekerja  Harus Ada Inovasi, Kreatif dan Memiliki Nilai Tambah

“Bagi kami, dari katagori ini pun masih awam apalagi nama-namanya. oleh karena itu, untuk menilai atau penjurian kami libatkan dari komunitas pecinta ikan Koi yang ahli dibidangnya ,”tambah lulusan Akmil tahun 2003 ini sembari tersenyum.

Seperti halnya disampaikan Sumarsono, Amin pun tegaskan bahwa gelaran festival di GOR Pemuda Kota Kendari ini juga untuk mengenalkan dan merangsang para pecinta atau komunitas ikan.

“Tujuan dari Bapak Pangdam (Mayjen TNI Andi Sumanggerukka) selain untuk mengenalkan Ikan Koi juga merangsang budi daya ikan di Sultra sekaligus untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dari aspek wisata maupun budi daya ikan,” tandasnya.

Amin sampaikan bahwa untuk Final dan pemberian hadiah berupa Piala Pangdam XIV/Hsn dan hadiah uang pembinaan akan dilaksanakan pada hari Minggu (21/2/2021)

“Sampai saat ini, proses penilaian masih berlangsung, kami hadirkan juri – juri yang sudah berpengalaman, Insha Allah semua akan berjalan sportif dan final serta pemberian piala serta hadiah akan dilaksanakan besok,” pungkasnya Danyonif 725/Wrg itu. (penrem143)

Reporter : Nita Sri Intani

Pos terkait