Wagub Sultra Apresiasi Para Qori dan Qori’ah Kabupaten Kolaka

Ketgam : Tanpak Wagub Sultra Berfoto Bersama Dengan Bupati Kolaka Serta Forkopimda Saat Pembukaan STQH III Kabupaten Kolaka (Foto Dok Reporter Asri Joni)

KOLAKA, MNN.COM – Lukman Abunawas Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, mengapresiasi para Qori dan Qori’ah Kabupaten Kolaka, pada di setiap iven perlombaan MTQ dan STQH baik itu di tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional. 

Pernyataan ini diungkapkannya usai pembukaan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) III tingkat Kabupaten Kolaka, yang dipusatkan di Masjid Agung Khaerah Ummah kabupaten Kolaka, pada Jumat (12/2/2021). 

Bacaan Lainnya

Dalam setiap ajang lomba MTQ atau pun STQH, yang paling banyak merebut medali adalah Qori dan Qoriah dari Kabupaten Kolaka,” ungkapnya. 

Dan salah satu bukti bahwa di Kabupaten Kolaka ini adalah sebagai lumbung penghasil Qori dan Qori’ah yang terbaik, pada saat Provinsi Sultra mengikuti iven MTQ di tingkat Nasional. 

Baca Juga:  Mewujudkan Impian Teguh Menikmati Suasana Pantai Cocoa City

“Terbukti kemarin Provinsi Sulawesi Tenggara gagal masuk ke 5 besar, karena para peserta Qori dan Qoriah dari kabupaten Kolaka tidak diikutkan. Terbukti bahwa para Qori dan Qori’ah kabupaten Kolaka ini potensinya sangatlah luar biasa”, katanya.

Wagub Sultra ini pun bersyukur, karena Pemda Kolaka dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati serta Forkopimda kabupaten Kolaka selalu berkolaborasi untuk mendukung dalam setiap ajang pelaksanaan syi’ar agama Islam di kabupaten Kolaka, apalagi juga dengan para majelisnya sinkron dengan para ulama Indonesia Kabupaten Kolaka dan kantor kementerian agama Kabupaten Kolaka,” ujarnya. 

Mengenai dukungan Provinsi terhadap Qori dan Qori’ah dari Kabupaten Kolaka, Wagub Sultra juga mengatakan telah menyiapkan formulasi melalui program Sultra yang Beriman. 

“Sebelumnya itu kita sudah rapatkan dan langsung memprogramkan, bahwa bagi peserta Qori da Qori’ah yang berprestasi, kita akan memberikan dana pembinaan atau insentif, jadi di Provinsi itu kita sudah menyiapkan dananya berupa insentif, kita memberikan motivasi bagi Qori dan Qori’ah agar benar – benar mempertahankan prestasinya, dalam meningkatkan mutu yang mereka miliki ,” ucapnya. 

Baca Juga:  Gunakan Dana Desa, Pemerintah Desa Popalia Bangun Drainase di Dusun Lima

Wagub Sultra memberikan mengapresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten kolaka yang melaksanaan STQH III tingkat Kabupaten Kolaka berjalan sukses.

“Ini luar biasa, Pemerintah Kabupaten Kolaka sangat peduli dengan syi’ar syi’ar agama Islam, sehingganya dengan 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sultra, baru Kabupaten Kolaka yang melaksanakan STQH,” ucap Lukman Abunawas pada wartawan. 

Dikatanya, bahwa STQH di Provinsi direncanakan akan digelar pada bulan April mendatang nanti. 

“Untuk pelaksaanya nanti itu kita sudah mengundang Semua Kabupaten/Kota untuk ke kendari dua pekan yang lalu untuk membahas STQH tingkat Kabupaten kota, dan alhamdullillah baru kabupaten Kolaka yang melaksanakanya mulai pada hari ini,” Katanya.

Dalam Pembukaan STQH III Kabupaten Kolaka, Wagub Sultra menyerahkan 1000 Al Quran dan Iqra dari bantuan PT. SSB kepada camat Se-Kabupaten Kolaka, dengan disaksikan oleh Bupati dan wakil Bupati Kolaka serta Forkopimda dan para peserta STQH III Kabupaten Kolaka.

Reporter : Asri Joni

Pos terkait