740 Mahasiswa USN Di Wisuda, Rektor USN Kolaka Berpesan Agar Menjadilah Wirausaha Muda

Ketgam : Tampak DR Azhari Sedang Memberikan Kata Sambutan Kepada 740 Para Mahasiswa USN Yang Diwisuda Di Ruangan Auditorium Kampus USN Kolaka (Foto Aj/Redaksi MNN.NEWS.COM)

KOLAKA. MNN.NEWS.COM – Dr. Azhari, Rektor USN Kolaka berpesan kepada 740 orang para Mahasiswa yang baru saja di Wisuda agar nantinya dapat menjadi sarjana yang Produktif dan tidak hanya untuk berorientasi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena nantinya juga supaya tidak membebani keuangan Negara.

Karena menurutnya, bahwa semua yang baru saja lulus di wisuda seharus dapat berpikir secara sehat serta berkreaktif untuk membuka lapangan kerja untuk dirinya nanti. 

Bacaan Lainnya

“Ya, hari ini bukan suatu hari akhir bagi pendidikan, dahulu pada tahun 1970 an atau 1980 an itu kelulusan sarjana di anggap sebuah kehormatan, karena masih sangat langkah lapangan pekerjaan, jadi sarjana itu sangat di butuhkan waktu itu, nah beda dengan sekarang, banyak sarjana yang menganggur, ” katanya. 

“Sekarang ini sarjana sudah di mana mana, jadi kalau kita tidak pintar pintar berpikir untuk membuka lapangan kerja untuk diri kita sendiri, jadi hadus kita berkreaktif untuk bagaimana dapat bekerja supaya tidak membebani siapa siapa, dan sejatinya kita harus berupaya bagaiaman cara agar bisa menciptkan lapangan kerja untuk diri kita sendiri dan itu yang paling utama,”Jelas Dr. Azhari dihadapan para wisudwan di Auditorium Kampus USN Kolaka pada Senin, 30/11/2020.

Baca Juga:  DR.Nur Ihsan Lantik 27 Jabatan Fungsional Dosen Dengan Jabatan Asisten Ahli

Dia juga berpesan, bahwa kesuksesan itu bukan hanya pada menjdi Aparur Sipil Negara, tetapi juga ada pada dibidang lain misalnya menjadi petani nelayan atau menjadi wiraswasta dalam bidang bisnis tinggal bagaimana untuk kerja secara giat nantinya.

“Kalian harus mencobanya untuk menjadi wiraswasta pengusaha muda, kenapa harus malu dibilang petani atau nelayan, kalau kalian masih malu berarti kita kita masih terbawa dengan pemikiran penjajah pada zaman dahulu, dan seakan akan PNS itu adalah pejerjaan sudah yang paling hebat, tidak usah jauh jauh untuk mengambil contoh misalnya di kolaka ini bnyak juga yang tidak kuliah namun tetapi sejahterah dan kaya, padahal mereka itu bukan dari lulusan sarjana, karena mereka ulet dan giat serta tidak malu untuk melakukan pejerjaan apa saja yang oenting halal maka mereka kaya dan berharta,itulah kemauan untuk kesejahteraan diri dan menjadi sukses,” Katanya.  

Baca Juga:  Kampus USN Kolaka Menggelar Kegiatan Expo dan Laksanakan Penanaman Pohon Kurma 

Diapun menambahkan, bahaw anak muda janglah sering gengsi dengan apa yang sedang dikerjakan, walaupun bukan PNS bukan suatu penghalang untuk menjdi sukses yang penting rajin melakukan apa saja untuk membuka lapangan jerja bagi diri sendiri. 

“Saya harap wahai anak anak muda jangalah kamu berpikuran malu untuk melakukan apa saja dalam suatu pekerjaan, saya juga merasa bangga dan senang apabila ada dari fakultas pertambangan yang menjadi petani dan menjadi maju dan sukses, dan yang jelas asalkan kita mau dan giat insya allah pasti kita jaya, ” Ucap DR Azhari Rektor USN Kolaka. 

Dalam kegiatan wisuda ini secara simbolis rektor USN kolaka Dr Azhari melakukan pemindahan tali topi toga pada perwakilan wisudawan, sementara wisudawan dan wisudawati yang lainya di wakilkan oleh orang tua masing masing dalam pemindahan tali topi toga wisuda. 

Terlihat dalam acara pegelaran wisuda ini dilakukan secara disiplin dan mengacu pada protokol kesehatan,dan para wisuda atau wisudawati serta pendamping atau tamu diwajibkan memakai masker dan cuci tangan dan menjaga jarak pada pegelaran wisud berlangsung.

Redaksi : (*)

Pos terkait