TAAWU Mekongga : Rektor USN Kolaka Dukung Kegiatan Mosehe Wonua

Ketgam : Ketua Organisasi Tamalaki Taawu TAAWU Mekongga Abdillah Sukarkio Bersama Dr. Azhari Rektor USN Kolaka (Foto Aj/Redaksi)

KOLAKA. MNN.NEWS.COM – Pengurus organisasi Tamalaki Wonua Mekongga (TAAWU) menemui Rektor USN kolaka,  Dr.  Azhari di kediamannya, pada Minggu (8/11/2020).

Ketua TAAWU Mekongga,  Abdillah Sukarkio mengatakan bahwa pihaknya mengunjungi rektor USN dua periode itu,  dimaksudkan untuk mengeratkan jalinan silaturahmi, termasuk menyampaikan secara langsung visi dan misi organisasi yang dipimpinnya. 

Bacaan Lainnya

“Tujuan utamanya silaturahmi. Apalagi beliau adalah tokoh muda yang telah teruji rekam jejaknya khususnya di dunia akademisi di Sultra.  Karena itu perlu kami tabayun sekaligus mendengar langsung pikiran-pikiran modern beliau,” tutur Abdillah kepada media ini. 

Kata Abdillah,  dalam pertemuan yang berlangsung sekira 2,5 jam itu,   lebih fokus mendiskusikan jejak peradaban era kerajaan-kerajaan di Sultra. Utamanya sosok Haluoleo hingga kisah Wasitau putri Raja Mekongga yang menjadi awal sejarah adanya hubungan kekerabatan kerajaan Mekongga,  Konawe,  Muna dan Buton.

Baca Juga:  Lebaran Ketupat di Desa Lamunde, Kades Tegaskan Protokol Kesehatan dan Waspada Mandi di Pantai

“Meski beliau (Azhari) basic keilmuan pemerintahan, namun kaya akan literasi sejarah peradaban kerajaan di Nusantara,  terkhusus di Sultra,” terang Abdillah. 

Karena itu,  lanjut Abdillah,  membahas tentang kegiatan ritual adat Mosehe Wonua rupanya cukup dipahami oleh Rektor USN itu. 

“Bahkan beliau akan mendorong adanya karya tulis yang menjelaskan secara utuh peradaban Mekongga termasuk warisan adat dan budayanya. 

“Alhamndulillah kegiatan Mosehe Wonua yang kami insiasi mendapat apresiasi dari beliau. Bahkan beliau akan berupaya hadir, ” ujar Abdillah mengutib dari pertemuan bersama Azhari. 

Tentang kegiatan ritual Mosehe Wonua dilakasanakan sesuai restu dan rekomendasi tertulis Majelis Adat Mekongga, Bokeo Haerun Dachlan dan Dewan Adat Mekongga, Muh. Jayadin.

“Atas dasar itu sehingga kami menginsiasi, kemudian mengkomunikasikan kepada Pemda Kolaka melalui Kabag Humas,  Asisten II dan Camat Kolaka. Namun,  sampai sebulan ini pak bupati belum ada waktu luangnya untuk bertemu dengan kami.  Tapi kami yakin beliu telah mengetahui rencana kegiatan Mosehe Wonua,” kata Abdillah. 

Baca Juga:  Rektor USN Kolaka Tinjau Fakultas Sains dan Teknologi Jelang Visitasi Akreditasi

Untuk diketahui,  Kegiatan Mosehe Wanua, panitia telah berkoordinasi dengan Dandim 1412 dan Kapolres Kolaka, termasuk pihak Satgas Penangan Covid 19.

“Kegiatan ini, panitia telah mengantongi surat rekomendasi Satgas Covid 19 Pemda Kolaka dan Izin penggunaan Lapangan Kapita Konggoasa terhitung 7 sampai 19 November 2020 dari Diknas. Dan, dipastikan acara akan menerapkan prosedur protokol Covid 19,” tegasnya. 

Dari hasil komunikasi panitia pelaksana, acara tersebut yang akan berlangsung pada Kamis, 19 Nopember 2020 bakal dihadiri Wagub Sultra,  Lukman Abunawas,  Ketua DPP LAT Sultra, Majelis Adat Mekongga, Dewan Adat Mekongga dan Forkopimda Kolaka.

Kontributor : Aj

Pos terkait