Penyakit Brusela Ternak Sapi, Penularanya Bahaya Kemandulan Terhadap Manusia

Ketgam : Tampak Petugas Kesehatan Melakukan Pengecekan Terhadap Hewan Ternak Untuk Menghindari Penyakit Brusela : (Foto Ahmad Badwi)

KOLAKA, MNN.NEWS.COM – Populasi ternak sapi di Kabupaten Kolaka semakin berkembang, namun peternak sapi harus tahu bahwa penyakit Brusela yang terdapat pada ternak sapi, dapat menular kepada manusia.

Dr.H Kasmawati. MM, Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka memerangkan bahwa penyakit Brusela yang diderita oleh ternak sapi, mengakibatkan keguguran terhadap sapi betina dan kemandulan terhadap sapi jantan.

Bacaan Lainnya

“Penyakit Brusela terhadap ternak sapi mengancam organ vital reproduksinya, sehingga dapat mengakibatkan keguguran (Abortus) terhadap janin yang dikandungnya”, KataNya.

Baca Juga:  Jelang Aidul Adha 1442 Hijriah, PT.Antam Salurkan 11 Ekor Sapi Kurban

Menurutnya, Penyakit Brusela yang di derita ternak sapi ini dapat menular terhadap manusia melalui sentuhan cairan darah, kencing sapi ataupun kotoran sapi.

“Apabila tertular kepada manusia, dapat berakibat pembengkakan Testis terhadap Pria dan untuk wanita dapat mengalami kemandulan”, Ungkapnya.

La Agus. SPt, Petugas Peternakan Kecamatan Toari berharap agar kepada peternak sapi Wilayah tugasnya, agar segera melaporkan ke Petugas apabila ada ternak sapi yang mengalami keguguran, untuk dilakukan uji sample laboratorium dan sapi lainnya akan di vaksinasi untuk pencegahan penularanya.

“Informasi dari Disbunak Kolaka, melalui Dinas Peternakan Propinsi Sultra bahwa hasil uji laboratorium, di Wilayah Kabupaten Bombana sudah ada penyakit Brusela ternak sapi, dan di Kolaka tepatnya di Kecamatan Samaturu”,Kata Agus.

Baca Juga:  Manfaat Buah Tomat dan Kandungan Nutrisinya Bagi Kesehatan

Diharapkannya, kepada peternak atau pedagang sapi agar lebih teliti dalam membeli sapi untuk peliharaan (ternak red), jangan sampai sudah tertular Penyakit Brusela, sehingga dapat membahayakan ternak sapi lainnya.

“Perlu di ketahui bahwa ternak sapi yang sudah tertular Brusela, tidak berbahaya untuk di konsumsi dagingnya, hanya saja jangan sampai menyetuh organ reproduksinya kecuali dengan menggunakan pakaian septy dan kaos tangan”, Ucapnya.

Kontributor : Ahmad Badwi

Pos terkait