Salurkan BLT DD, Pemdes Wonua Moreme Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

KONAWE. MNN.NEWS.COM – Pemdes Wonua Moreme, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Telah salurkan Dana  Bantuan langsung Tuna (BLT) Dana Desa (DD) APBN tahun 2020 bertempat di balai desa baru-baru ini.

Pembagian BLT DD diperbantukan  kepada masyarakat miskin di desa Wonua Morome kecamatan Puriala  saat masa pandemi Virus Korona (Covid-19), bukan berbentuk barang ataupun sembako, BLT Dana Desa diberikan dalam bentuk uang secara tunai.”Ucap, Kades Wonua Morome.

Bacaan Lainnya

Dimana pembagian BLT – DD Desa Wonua Morome dihadiri dari kecamatan Puriala Pemerintah Desa Suryadi, Babinsa, dan Babinkatitmas Polsek Puriala BPD Sekdes Perangkat Desa dan masyarakat setempat.

Kepala desa Wonua Morome, Suryadi mengatakan, sebisa mungkin BLT DD diberikan kepada 67 kk sebagai penerima Dana.

“Ia menjelaskan, BLT Dana Desa diberikan kepada warga miskin  yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja. 

Baca Juga:  Pawai Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Kolaka, Majelis Taklim Desa Polenga Turut Serta Dalam Barisan

Penyuran dana BLT-DD   diberikan dalam rangka untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid 19.

Untuk diketahui, BLT Dana Desa diberikan kepada penerima sebesar Rp.600.000,- /bulan selama tiga bulan berturut-turut sehingga total BLT-DD yang akan diberikan selama tiga bulan yaitu  berjumlah Rp.40.200,000.

Kelanjutan BLT DD yang sebesar Rp.300.000.- juga sudah kami  lakukan penyaluran kepada warga dengan jumlah penerima sebanyak  67 orang, bagi warga kurang  mampu cara bayar secara tunai dimana jumlah dana BLT DD sebesar Rp.20.100,000.-

Jadi pembagian dana BLT – DD Untuk Desa Wonua Moreme sudah tuntas selama 6 bulan.

Untuk Penyaluran berikut yaitu bulan 10,11 dan 12 kami masih menunggu regulasi dari pemerintah apakah BLT DD Di kanjutkan atau gimana.”Pungkas, Supriadi 

Sementara untuk Program Fisik pembangunan DD di desa Wonua morome Kini kembali melaksanakan program pembangunan sesuai dengan skala prioritas yang tertuang dalam program  DD Wonua Morome ,guna mendukung adanya saluran air yang ada di dusun 2. Dan Iya juga membuat pembangunan talud Sepanjang 65 meter, ada juga pembukaan  lapangan sepak bola yang berukuran 100 × 100 meter persegi sekaligus inklut dengan pembuatan taludnya di samping lapangan sepak bola,  karena seringnya longsor  jadi kita pasangkan Talud.

Baca Juga:  Pemdes Gunungsari Laksanakan Bimtek Digital Desa, Menuju Revolusi Industri 4.0, Desa Pertama Di Kabupaten Kolaka

Selain itu ada juga   pembangunan Drainase sepanjang 50 Meter dengan ketinggian 150 Cm.

Datang dari  sekretaris desa Wonua Morome, “Dengan adanya pembangunan Sepak bola dan talud ini bisa membantu para generasi muda untuk memanjakan minat bakatnya di dunia olah raga dengan menumbuhkan semangat para pemuda dalam bermain sepak bola.

Kades Wonua Moreme juga mengatakan, meski pembangunan ini kita laksanakan ditengah adanya wabah pandemi Covid-19. Namun pihaknya memastikan tidak akan mengganggu pada upaya penanggulangan dan penanganan wabah pandemi tersebut.

“Kita dalam hal ini, justru membantu upaya pananggulangan Covid-19. Karena dengan mengedepankan sistem pada adanya pemberdayaan, secara langsung kita disini akan sangat membantu perekonomian masyarakat setempat, olehnya itu mari kita  Bersama-sama mencegah penularan Covid-19. Dengan kebersamaan dan kegotongroyongan semua pihak pasti akan sangat membantu dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan kami.

Penulis. (SB/DW)

Editor Redaksi

Pos terkait