Pemdes Ambaipua Ranomeeto Sudah Salurkan BLT DD Rp.600 / KK, Sebanyak 178 KPM

Ketgam. Penyaluran Dana BLT Untuk Warga, (Foto Sultan Bakri)

KONSEL,MNN.NEWS.COM – Marman.S.Sos.selaku Kepala Desa Ambaipua,Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara,saat di temui media ini pihaknya  menyampaikan bahwa Di Desa Iyah Pimpin telah di salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari  Dana Desa (DD) Ke Keluarga Penerima mamfaat (KPM).”Ucap, Marman pada Jumat (22/05/2020) di Kediamannya

Adapun penyaluran BLT DD Tersebut dihadiri oleh Semua Stake Holder, semua Elemen, semua tokoh, baik dari Bhabinkamtmas Polsek Ranomeeto, Maupun Dari Bhabinsa  Koramil Ranomeeto, serta Pihak Kecamatan dan Pihak Pendamping Desa juga di hadiri ratusan KPM khususnya Warga Ambaipua,”Pungkasnya.

Bacaan Lainnya

Pembagian tahap pertama BLT DD Di Salurkan  untuk 1 Bulan dengan Besaran realisasi BLT DD tersebut  sebesar Rp.600 ribu rupiah / KPM, adapun kategori penerima bantuan sesuai usulan Pemerintah Desa yang di verifikasi oleh pihak kecamatan, bahkan 178  KPM ini sudah di luar dari PNS dan  pensiunan, serta di luar dari Penerima Program lain agar tidak timpan Tindih seperti diluar dari  Penerima PKH, Bansos, BPNT, dan Bansos dari Kementerian Sosial, jadi perlu di ketahui hampir semua warga dapat bantuan cuma bantuannya berbeda-beda.” Tuturnya.

Baca Juga:  Cegah Stunting, Pemdes Wonuaraya Gelar Rapat Rembuk Stunting 

Selain Itu Pemdes Ambaipua yang dipimpin oleh Marman.S.Sos, di tengah Pandemi covid-19, sudah melakukan penyemprotan cairan Disinfektan ke rumah-rumah warga dan ketempat-tempag fasilitas umum, serta ada juga pembagian masker ke warga yang membutuhkan.”Ungkapnya.

Lanjut Kades Ambaipua dengan adanya dampak dari covid-19, maka  pemerintah pusat menganjurkan  agar DD APBN  yang disalurkan ke desa-desa, agar sebagian DD  tersebut dialihkan ke BLT dari  DD APBN maksimal  25 % dari Total DD yang di terimah setiap desa.”Beber, Marman.S.Sos.

Di tengah mewabahnya virus corona di Sulawesi tenggara, apalagi setiap hari PDP dan Positif bertambah maka kami selaku Pemdes Ambaipua berharap agar tetap jaga kesehatan, rajin cuci tangan pakai sabun, rajin berolah raga, serta tetap jaga jarak dalam beraktivitas, dan paling wajib selalu pakai masker agar kita semua bisa terhindar dari virus corona ini,”Tambahnya.

“Perlu di ketahui di kutip dari kompas.com Pemerintah menyatakan, jumlah desa yang sudah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa, terus bertambah pesat setiap harinya.

Baca Juga:  Pemdes Oneeha Gelar Rembuk Stanting Tahun 2023 Dengan Tema "Aksi Konvergensi Percepatan dan Penurunan Stanting

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskanda melaporkan, sampai dengan Selasa (19/5/2020) kemarin, sudah ada 17.259 yang menyalurkan BLT dana desa ke keluarga penerima manfaat (KPM).

“Desa yang sudah menyalurkan BLT 17.259 desa. Berarti kalau dibanding kemarin lusa (18/5/2020), itu ada sekitar 14.000, berarti naik 3.000 sehari,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

 17.259 desa. Berarti kalau dibanding kemarin lusa (18/5/2020), itu ada sekitar 14.000, berarti naik 3.000 sehari,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Dari 17.259 desa tersebut, sudah terdapat 1,7 juta KPM yang menerima BLT dana desa. Di mana, total dana desa yang sudah dicairkan untuk BLT sebesar Rp 1,1 triliun.

Lebih lanjut Abdul menyebutkan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah menjadi 5 provinsi dengan penyaluran dana desa tertinggi.

Sementara itu, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Aceh menjadi 5 provinsi dengan penyaluran BLT terendah.

Kontributor  :  Sultan Bakri

Pos terkait