Sebanyak 952 Bantuan Paket Sembako Diserahkan Oleh Bupati Konsel Ke Warga Basala

Ketgam, Tampak Bupati Konsel Bagikan Paket Sembako Kepada Warganya. (Foto Sultan)

KONSEL, MATANETNEWS.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menyalurkan bantuan paket sembako kepada warganya yang terdampak Covid-19.

Seperti yang dilakukan sebelumnya di beberapa Kecamatan lain, penyerahan bantuan juga di serahkan langsung secara simbolik oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga di dampingi Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin dan sejumlah pimpinan OPD, Anggota DPRD dan unsur Forkopimda.

Bacaan Lainnya

Kali ini, sebanyak 952 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu yang tersebar pada 7 Desa di Kecamatan Basala mendapat bantuan paket sembako tersebut.

“Bantuan ini bersifat stimulan, dan mungkin tidak seberapa nilainya, tapi kita berharap bermanfaat untuk meringankan beban hidup warga ditengah pandemi corona,”ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga di lokasi pembagian bantuan yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Basala, (Jum’at, 8/5/2020). 

Baca Juga:  Ombudsman RI Sultra Dukung Gubernur Sultra Tolak Kedatangan 500 Orang TKA Asal Tiongkok DiSultra

Pantauan media, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan physical distancing (pembatasan jarak secara fisik), yang duduk dan berkumpul namun tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, yang turut hadir pada penyerahan tersebut dengan tetap memakai masker.

Usulan Pemda Konsel Di Setujui Kemensos.
Dikesempatan itu, Bupati juga menyinggung tentang lolosnya usulan Pemda Konselterkait Program Bantuan Sosial Tunai (BST) yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga per bulan.

Disebutkannya, -/+ 17 ribu KK bakal menerima BST sesuai Keputusan Mensos No 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Baca Juga:  Babinsa Desa Karemotingge Koramil 1412-01 Tirawuta, Giat Komsos Bersama Pemerintah Desa

“Alhamdulillah, setelah diajukan dan diverifikasi Kemensos, usulan kita disetujui, yang akan di berikan kepada warga terdampak covid-19 yang belum menerima bantuan jenis lain, seperti progam PKH, BLT yang penyerahannya melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank yang telah ditunjuk pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu saat ditemui, Sekretaris Dinas Sosial Konsel, Surdin, menyebutkan data yang telah diterima pihaknya dari kemensos total sebanyak 16.192 KK dengan rincian penyaluran BST oleh PT. pos 14.878 KK, Bank BRI 1.144 KK dan Bank BNI 169 KK.

“Masih ada sekitar seribu KK yang masih kami tunggu prosesnya dari Kemensos. Selanjutnya segera kita kirim data ini ke Kecamatan supaya disampaikan ke warganya masing-masing,” Ungkaptnya.

Laporan : Sultan

Editor. : RD

Pos terkait