Demi Terangi Desanya, Sumarna Anggarkan Pengadaan Lampu Jalan Di 84 Titik

Tampak Warga Mendirikan Lampu Jalan Didesanya (Foto Sultan)

MATANETNEWS.COM,KONUT – Sumarna (Kepala Desa) Kapolano, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Program Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN untuk Tahun 2020 di tahap pertama telah programkan pengadaan lampu jalan.

“Jadi pembangunan  lampu jalan ini kita bangun sebanyak 85 Titik dengan dua jalur, yaitu jalur kiri dan jalur kanan,”Ucap, Sumarna Pada Minggu (26/04/2020) saat ditemui oleh wartawan ini di lokasi pembagunan lampu jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut kepala desa Kapolano Sumarna, semua program di desa melalui beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, musrembang desa, Musdus hingga sampai masa pembangunannya.” Terangnya.

Baca Juga:  Pangdam Jaya Bersama Pemda Bekasi Gelar Panen Raya Padi, Serta Mencanangkan Food Estate Seluas 43 Ha,

Sementara program pembangunan lampu jalan ini sementara berjalan yaitu proses pembangunan oleh TPK yanh di bantu dengan perangkat desa dan masyarakat setempat 

Jadi pembangunan lampu jalan ini kita utamakan harian orang kerja (HOK) nya, jadi siapa saja  warga saya yang mau kerja silahkan datang kerja,sebab dana desa ini memang untuk masyarakat tidak ada larangan, saya saja selaku kades tidak tinggal diam, tetap aktiv  turun mengawasi pekerjaan yang sedang berjalan.” Tegasnya.

Sementara di tengah  Mewabahnya   Virus Corona atau  covid-19, pihaknya sudah melakukan pembagian sambako kepada masyarakat dimana pembagian sembako yang dimaksud meliputi Pembagian beras,telur, dan pembagian masker kepada semua kepala keluarga (KK) yang tersebar didesa dan juga sekaligus kami bagikan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya.

Baca Juga:  Dinas Dukcapil Kolaka Kunker Sekolah SLTA, Ini Tujuannya

Selain itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau untuk memutus mata rantai covid-19 ini kita sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga.

Hal ini kita lakukan bersama-sama semua  stake holder dan juga dibantu oleh TNI-Polri yang bertugas di desa.” Tutur Sumarna Kades Kapolano saat di temui dilapangan kegiatan pembangunan lampu jalan.

Sementara di tengah mewabahnya  Pandemi Covid-19 ini, Sumarna kepala desa kapolano menghimbau kepada seluruh masyarakat dan perangkat desa agar selalu jaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan juga  jaga jarak dalam kegiatan sosial demi mencegah dan memutus mata rantai virus corona.

Kita harus bersatu melawan penyebaran virus corona diwilayah kita masing-masing, dan diharapkan selalu dengar arahan dan himbauan  pemerintah agar kita tetap di rumah saja (Stay Home) 

Laporan : Sultan

Editor : RD


Pos terkait