USN Kolaka Produksi Handsanitizer, Atasi Kelangkaan Antiseptik Akibat Covid-19

MATANETNEWS.COM,KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) kolaka, melalui Program Studi Kimia dan FarmasiMengambil langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona, dengan memproduksi hand sanitizer yang saat ini menjadi barang langka, pada Rabu (18/3/2020).

Ketua Prodi Kimia USN, Dian Permana menjelaskan program studi kimia dan farmasi berkolaborasi membuat hand sanitizer ini. Disebutkan, pembuatan antiseptik pencuci tangan ini sesuai dengan arahan dan didukung Rektor USN Kolaka, DR.,Azhari.

Diketahui, kegiatan pembuatan hand sanitizer berbahan dasar Etanol, 3 persen H2O2, Aquades secukupnya dan Gliserol. Dikatakan hal ini menjadi bentuk pengabdian USN kepada masyarakat, dengan cepat tanggap untuk mengatasi agar tidak terjadinya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Kolaka, terkhusus dilingkungan kampus merah maron itu.

Baca Juga:  Polsek Kolaka Menggelar Vaksinasi Covid-19 dan di Ikuti Ratusan Warga Kolaka

Dikatakanya, untuk tahap awal jumlah hand sanitizer yang diproduksi sebanyak 300-an botol, untuk sementara Produksi awal ini baru bisa sebanyak itu karena adanya keterbatasan bahan baku, dsn untuk selanjutnya USN menargetkan bisa memproduksi 700 botol hand sanitizer. 

“Kami baru bisa memproduksi 300-an botol ukuran 60 ml. Untuk pembuatan tahap selanjutnya, masih tunggu bahannya tiba,” jelasnya Dian Permana (Ketua Prodi red) , Kamis (19/3/2020).

Lanjutnya Dian, bahwa  hand sanitizer ini bakal dibagikan secara gratis kepada para Dosen, Tenaga Kependidikan, juga diberikan kepada masyarakat di sekitar kampus USN Kolaka, meskipun jumlahnya yang terbatas, sehingga pembagiannya juga masih terbatas.

“Dalam pembuatan hand sanitizer oleh dosen serta melibatkan sejumlah mahasiswa ini, tetap menyesuaikan dengan standar yang dianjurkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)”,Katanya. 

Baca Juga:  Tiba Di Kolaka, Vaksinasi Sinovac Covid-19 Tahap Pertama Februari Untuk Tenaga Medis

REDAKSI

IKLAN HUT KOLAKA


Pos terkait