Melalui Keinginan Warganya,Kades Awalo Siapkan Pengadaan Bibit Kopi Serta Pembangunan Infrastruktur

MATANETNEWS. COM, KONSEL – Pemerintah Desa (Pemdes) Awalo  Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Melalui Program Dana Desa (DD) yang bersumber dari anggaran APBN Tahun 2019 telah programkan pengadaan Bibit Kopi Robusta.

Menurut Hamid Kepala Desa (Kades) Awalo Kecamatan Benua saat di temui media ini mengatakan bahwa program dana desa untuk tahun 2019 sudah Hampir rampung 100 persen dan adapun kegiatan Dana Desa di Desa Awalo adalah pengadaan Bibit Kopi Robusta sebanyak 14 Ribu Pohon,” Ucap,” Hamid.

“Selain Pengadaan bibit Kopi kami juga ada program lain berupa Pembuatan jalan Produksi dengan volume 1 Kilo meter, dimana  Jalan produksi  ini menghubungkan dari dusun satu ke dusun lain sekaligus pembangunan Plat Dekernya 2 unit,” pungkasnya.

Baca Juga:  Gelar Ziarah Rombongan di Tiga Titik TMP, Pangdam XIV/Hsn : Kita Ingin Mewarisi Semangat, Moral dan Mental Para Pahlawan

“Semua Program di Desa awalo di kelola langsung oleh Bapak Rudianto selaku Tim Pelaksana Kegiatan(TPK ) yang di bantu oleh Bendahara dan perangkat desa Awalo kecamatan Benua.” terangnya.

Perlu di ketahui bahwa desa awalo terdiri 4 dusun, dan di huni sekitar 200 kepala keluarga ( KK) dan juga merupakan desa penghasil perkebunan yang sangat melimpah untuk menopang perekonomian warga awalo.

Kini hasil perkebunan di Desa Awalo ini antaranya  mulai dari penghasil merica, kakao, jambu mente, kelapa, dan juga merupakan penghasil buah- buahan  mangga,durian, langsat, salat pisang  dan buah-buahan lainnya, serta juga memiliki   sayur mayur yang melimpah.

“Dengan adanya Program Dana Desa ini yang bersumber dari anggaran Pendapatan belanja Negara (APBN), yang dikucurkan Oleh Pemerintah pusat disetiap Desa di Seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pererat Silaturahmi, Pangdam XIV/Hsn Sambut Audiensi Direktur Utama PT. Semen Tonasa

“Maka Program Dana Desa ini betul-betul sangat bermamfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat yang juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya desa awalo ini yang kami pimpin dan saya berkomitemen untuk membangun desa awalo ini menuju desa maju konsel hebat.” tutup Hamid.

Laporan, Sultan


Pos terkait