Peringati HKN Ke-55 Tahun, Puskesmas Kukutio gelar Berbagai Kegiatan


MATANETNEWS.COM,KOLAKA – Dalam Rangka memperingatiHari kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 tahun, Puskesmas Kukutio menggelar berbagai kegiatan yang di pelopori oleh Tim Nusantara Sehat,pada Jumat, 29/11/2019

Kepala Puskesmas Kukutio Hj. Besse Asmawati, S.Kep kepada matanetnews.com mengatakan, setelah berbagai upaya telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kegiatan ini adalah salah satu dari kegiatan tersebut dimana jalan santai dan senam sehat dapat membuka kembali keinginan masyarakat untuk berolahraga.

“Selain itu kegiatan Pasar murah juga kami laksanakan dengan harapan masyarakat dapat berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar masyarakat terhindar dari penyakit,” ujarnya

 

“Adapun paket dari pasar murah berupa Sikat gigi, pasta Gigi, sabun mandi, sabun cuci dan beberapa makanan pokok lainnya,” tambahnya. 

Baca Juga:  Kelurahan Lahundape Gelar Pertemuan Lintas Sektor, Dalam Program Indonesia Sehat

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Nur Alam Asman, SKM sekaligus Ketua Tim Nusantara Sehat Pukesmas Kukutio juga  sebagai pelopor menambahkan, bahwa kegiatan ini di bantu oleh anggota tim dan seluruh staf puskesmas Kukutio mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu pengabdian kami kepada masyarakat untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“Kegiatan HKN ini di Puskesmas Kukutio yaitu kegiatan perdana yang dilakukan oleh puskesmas semenjak telah diakrediatasinya puskesmas,” katanya.

“Kegiatan ini mempunyai makna seperti jalan sehat dan senam untuk hidup lebih sehat. Kegiatan senam dan jalan sehat ini di hadiri oleh beberapa lintas sektor seperti Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kader Posyandu, warga dan anak sekolah diwilayah kerja puskesmas Kukutio,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rektor USN Kolaka Bersama Mahasiswanya Turun Kejalan Bagi Bagi 1000 Hand Sanitizer Kepada Warga

Hal senada juga di sampaikan oleh Salah satu Dokter Puskesmas Kukutio Abdul Syarif mengatakan Kegiatan tersebut juga memberikan pengetahuan kepada anak sekolah untuk mengetahui apa arti dari gerakan  sehat, sesuai dengan tema HKN KE 55 Generasi Sehat Indonesia unggul.

“Kemudian warga juga bisa memeriksa Kesehatan dengan melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) sehingga masyarakat sadar akan pentingnya arti kesehatan dan juga dilanjutkan dengan kegiatan Pasar murah dengan mendorong Masyarakat untuk hidup sehat,” tutupnya.

Dengan harapan dari tim Nusantara Sehat semoga kegiatan tersebut akan berlangsung pada tahun berikutnya yang akan datang.

Wartawan,  Sulyamin

Pos terkait