Jokowi: Saya Perintahkan Kapolri Agar Jajaranya Tak Bertindak Represif

MATANETNEWS.COM_JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menanggapi tewasnya dua mahasiswa di Kendari saat aksi unjuk rasa Reformasidikorupsi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada ,27 /9/2019.

Jokowi perintahkan juga dengan tegas agar pihak Polisi secepatnya Investigasi kasus penembakan pada mahasiswa sehingganya mengakibatkan dua orang mahasiswa meninggal dunia pada saat berunjuk rasa di Kota Kendari. 

Presiden Republik Indonesia (RI),  Jokowi mengaku sudah mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Saya juga sudah sejak awal, kepada Kapolri agar jajarannya tidak bertindak represif,dan itu saya katakan berulang ulang kali ,” kata Jokowi saat ditemui wartawan Jumat (27/9/2019) seperti ditayangkan di Kompas tv dan beberapa Televisi lainya.

Baca Juga:  Mengantisipasi Meluasnya Penyebaran Virus Covid-19, Koramil/TS Selalu Eksis Bersama 3 Pilar Menggelar Operasi Yustisi

Maka dari itu, Jokowi perintahkan jajarannya secepatnya untuk investigasi lebih lanjut penyebab dari kematian dua Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) tersebut.

Sebab kata Jokowi, berdasarkan laporan Kapolri Jenderal Polisi yakni Tito Karnavian, ia tidak mengeluarkan perintah apapun terkait penggunaan senjata api di lokasi demonstrasi.

“Karena Kapolri sampaikan kepada saya tidak ada perintah apapun dalam rangka demonstrasi, aparat juga tidak dibekali senjata api, Jadi ini akan ada investigasi lebih lanjut, dan secepatnya dan itu saya sudah perintahkan untuk investigasi lebih lanjut tentang kematian dua mahasiswa dikendari pada saat berunjuk rasa, ” kata Jokowi.

Jokowi juga berharap tidak ada spekulasi liar sebelum hasil investigasi dikeluarkan.

Baca Juga:  Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kementrian  Ajak Pemda Untuk Adopsi Program RPL Desa

“Ini kan menyangkut ribuan personil yang ada di seluruh tanah air dan sampai sekarang belum diketahui yang menembak siapa jadi jangan ditebak-tebak dahulu sebelum investigasis selesai,” kata Joko Widodo Presiden Ri

Jokowi juga turut berduka cita atas meninggalnya dua mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Halu Oleo (UHO) Immawan Randy dan Yusuf Kardawi.
Dan yang jelas Polri akan menginvestigasi dari kematian dua Mahasiswa universitas Halu Oleo Kendari dalam secepatnya.

Lap Bambang

Pos terkait