Utusan Kejagung RI, Hadiri Pelantikan Pengurus APDESI Kolaka Periode 2019-2024

MATANETNESW.COM_KOLAKA – Pelantikan Ketua DPC Asosiasi Pemerintahan Desa seluruh Indonesia Kabupaten Kolaka Dihadir oleh Toto Roedianto SH, MH,Kepala Subbidang Hubungan Antar Lembaga Non Pemerintah pada Puspenkum Kejagung Repulbik Indonesia (RI), didampingi Ketua Forum Jurnalis  Kejaksaan Agung Adiyanto Pro Adhyaksa, Kegiatanlangsung di aula  pertemuan di Hotel Sutan Raja Kolaka, selasa, (10/9/2019).

Pelantikan Ketua APDESI  ini juga di hadiri oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua DPRD Parmin Dasir, Ketua Apdesi Pusat Suhardi Buyung, Polres Kolaka, Kajari Kolaka, sejumlah Pimpinan SKPD ,serta Camat dan Kepala Desa  se-Kabupaten.
Punggoro Kepala Desa Baula Kecamatan Baula, terpilih sebagai Ketua APDESI Kabupaten Kolaka untuk priode 2019 – 2024.

Sementra itu,Ponggoro Kepala Desa Baula Kecamatan Baula terpilih sebagai Ketua APDESI dan Tasman Kepala Desa Muara Lapao – Pao Kecamatan Samaturu dan Indra Kepala Desa Tikonu Kecamatan Wundulako terpilih sebagai sekertarisnya.
Bupati Kolaka Ahmad Safey dalam sambutannya menyampaikan, hadirnya APDESI di Kabupaten Kolaka dapat memberikan dampat positif demi kemajuan pembangunan yang ada di Desa, notabenenya  sejalan dengan program -program pemerintah daerah.

“Saya harap peran aktif  APDESI dapat berguna, untuk itu setiap Kepala Desa menjalin komunikasi  dan saling berkolaborasi karena Desa adalah ujung tombak pembangunan daerah,”Kata Bupati.

Baca Juga:  TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan World Water Forum Ke-10 di Bali

“Ini juga yang belum dilakukan penuh pemerintahan desa selama ini. Seharusnya kita beri pemahaman kepada seluruh masyarakat, jika Kebersamaan dan gotong royong merupahkan roh pemerintahan yang ada di desa, artinya semua elemen masyarakat desa harus menciptakan kebersamaan dan terlibat dalam proses membangunan yang ada di desa,” tegas Ahmad Safei.

Bupati kembali menegaskan agar pemerintah desa dapat menghidupkan kembali budaya gotong royong, sehingga program pembangunan yang ada di desa dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu Toto Kasuid Hubungan Antar Lembaga Kejagung RI, menuturkan jika hadirnya APDESI di Kabupaten Kolaka dapat meningkatkan harkat dan martabat pemerintah dan masyarakat desa sehingga terwujutnya desa yang maju, serta mewujudkan komunikasi yang baik antara sesama kepala desa, untuk dapat besama – sama berkolaborasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di desa.
Toto berharap terbentuknya APDESI di Kabupaten kolaka dapat bersinegergi dengan seluruh stake holder, baik dari pemerintah daerah maupun dari penegakan hukum yang ada di Kabupaten Kolaka.

Baca Juga:  Batu Bara Asal Indonesia Menjadi Isu Besar di Negara Polandia

“Saya berpesan sebagaimana yang dikatakan oleh bapak bupati kolaka, APDESI di Kabupaten Kolaka dapat selalu sejalan dengan program – program pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta dapat selalu bersinergi kepada seluruh Stake Holder di Kabupaten kolaka, agar pengelolahan dana desa dapat lebih baik demi kemajuan suatu desa,” harap Toto.

Punggoro, Ketua APDESI terpilih  menuturkan tujuan APDESI tidak lain untuk meningkatkan harkat dan martabat Aparatur Pemerintah dan masyarakat desa sehingga terwujudnya desa yang maju, sejahtera, adil, profesional dan demokratis dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Visi APDESI di Kabupten Kolaka adalah terwujudnya Pemerintah dan masyarakat desa yang maju, adil, sejahtera,profesional dan demokratis,”ucapnya.

Dikatakanya, mengenai misi APDESI sendiri , diantaranya adalah  mengembangkan prinsip demokratis dalam memajukan kelembagaan organisasi, meningkatkan profesionalisme pengurus dan mensejahterakan anggota, dan menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa, mengembangkan konsep akuntabilitas organsasi baik secara internal maupun eksternal,”Tutupnya. 

Redaksi (*)

Pos terkait